16 Sekolah Jadi Rujukan Standar Nasional

0
2
Tulus Sutopo

Tulus: Piloting Sekolah Lainnya

TENGGARONG – Sebanyak 16 sekolah di Kutai Kartanegara dari berbagai tingkatan akan menjadi model percontohan sekolah rujukan standar nasional. 16 sekolah itu akan menjadi rujukan sekolah lainnya di Kukar.
“16 sekolah itu menjadi piloting sekolah lainnya,” kata Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Kukar, Tulus Sutopo kepada Koran Kaltim, kemarin.
Ke-16 sekolah tersebut yakni SDN 002 Tenggarong, SDN 012 Muara Muntai, SDN 001 Muara Badak, SDN 018 Sebulu, SDN 007 Loa Kulu, SDN 001 Muara Jawa, dan SDN 001 Loa Janan.
Sementara di tingkat sekolah menengah pertama, meliputi SMPN 2 Tenggarong, SMPN 4 Muara Badak, SMPN 1 Muara Jawa, SMPN 1 Sebulu, SMPN 1 Kota Bangun, dan SMP IT Nurul Ilmi Tenggarong.
Kemudian di tingkat sekolah menengah atas ada SMAN 3 Unggulan Teng-garong, SMAN 1 Loa Janan dan SMAN 1 Loa Kulu.
Menurut Tulus, ke-16 sekolah ini harus me-menuhi delapan standar utama untuk menjadi sekolah rujukan standar pendidikan nasional, seperti standar kom-petensi lulusan, standar proses, standar pen-didikan dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar sarana dan prasana, standar pembiayaan, dan standar penilaian.
“Oleh karena itu LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan, Red.) Provinsi Kaltim melakukan pen-dampingan terhadap 16 sekolah tersebut,” ujar Tulus.
Pendampingan tersebut digelar pada Senin (10/10) lalu, yang dipusatkan di Aula Serba Guna Kantor Disdik Tenggarong, Jl Lais, Kelurahan Timbau, Tenggarong.
Ada sebanyak 96 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari kepala sekolah, komite sekolah dan guru.
“Mereka mengikuti pendampingan dari LPMP Provinsi Kaltim ini selama lima hari berturut-turut, terhitung sejak hari Senin hingga hari Jumat nanti,” pungkas Tulus. (ale)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here