Published On: Jum, Apr 5th, 2013

18 April, Kaltara Mahulu Diresmikan

Irinato Diusulkan jadi Pj Gubernur, Tiga Nama Lain Calon Pj Bupati Mahulu

SAMARINDA – Jika tak ada aral melintang, peresmian dan pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) akan diresmikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada 18 April mendatang. Informasi itu sesuai Keputusan Mendagri melalui UU Nomor 20 Tahun 2012 tentang Daerah Otonom Baru (DOB) Kaltara. Bahkan, Pemprov Kaltim selaku provinsi induk telah menggelar pertemuan guna menyiapkan peresmian Kaltara dengan melibatkan sekretaris daerah kabupaten dan kota di wilayah utara, termasuk Kutai Barat  digelar Senin (1/4) lalu.
“Rencananya, peresmian Kaltara dan Mahulu akan digelar bersamaan pada 18 April nanti. Karena itu, sudah diatur jadwal peresmian dan pengangkatan sumpah jabatan bagi Pj gubernur dan Pj bupati Mahulu akan diputuskan Mendagri. Senin (1/4) lalu, gubernur sudah mengun-dang sekkab untuk menyiapkan peresmian Kaltara dan Mahulu,” jelas Irianto didampingi Asisten Pemerintahan Setprov Kaltim, AS Faturrachman kepada Koran Kaltim, dua hari lalu.
Meski demikian, pihaknya mengaku belum menerima informasi keputusan Mendagri menyangkut Pj gubernur Kaltara dan Pj bupati Mahulu. Meski saat ini, pihaknya masih menunggu dan telah mengusulkan calon untuk pj gubernur dan pj bupati DOB di Kaltim tersebut.
“Sampai saat ini belum ada ke-putusan. Semua masih diproses di pemerintah pusat. Baik Pj gubernur Kaltara dan Pj bupati Mahulu, karena gubernur hanya berwenang mengusulkan dan ke-wenangan Mendagri untuk memu-tuskan dan menetapkan,” jelasnya.
Disebutkan, nama yang diusulkan Gubernur Kaltim ke Mendagri untuk menjabat Pj gubernur Kaltara adalah Sekretaris Provinsi Kaltim Irianto Lambrie. Sedangkan  tiga nama diusulkan untuk menjabat Pj Bupati Mahulu masing-masing Asisten Pemerintahan Setprov Kaltim AS Faturrachman serta dua pejabat eselon II di Pemkab Kutai Barat terdiri Gabriel Oktavianus dan Ruslan.
“Semua berkas sudah diserah-kan ke Mendagri untuk ditetap-kan. Kewenangan penuh ada di Mendagri untuk menentukan. Kami belum dapat informasi siapa yang akan dilantik, bahkan tak menerima informasi terkait nama diusulkan Mendagri ke presiden untuk menjabat Pj gu-bernur Kaltara,” tambahnya. (ca)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web