Breaking News
Home >> Akademika >> 2017, Unikarta Buka Prodi Baru

2017, Unikarta Buka Prodi Baru

TENGGARONG – Di tahun 2017 mendatang Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta ) Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), rencananya akan membuka sejumlah program studi (Prodi) baru strata 1 (s1).Pembukaan Prodi baru ini dimaksudkan untuk menjawab saran dan masukan masyarakat.
“Ini juga berdasarkan tuntutan masyarakat. Fakultas atau universitas harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Banyak usulah untuk menambah prodi pendidikan misalhnya, teknologi pendidikan, karena mahasiswanya sudah banyak, jadi kita menambah program sudi baru yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah,”ungkap Rektor Unikarta Sabran melalui Wakil Rektor I Unikarta, Tamrin.
Menurut Tamrin, pengembangan program studi baru ini sudah lama direncanakan. Prodi baru yang kemungkinan akan dikembangkan antara lain Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (Prodi Paud), Pendidikan Anak Sekolah Dasar (PASD), Pendidikan Bimbingan dan Koseling, dan Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan.
“Nah untuk yang tahun ini, yang kita siap adalah Prodi pendidikan anak usia dini, tahun depan rencana kita kembangkan lagi,”ungkap Tamrin kepada Koran Kaltim saat di temui dalam ruangannya, Rabu (23/11).
Kecuali itu, pihaknya masih menunggu informasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk keputusan program studi yang telah diajukan.
“Sementara ini masih proses, mudah mudahan, di tahun ini sudah ada informasi atau di awal tahun, sehingga nanti di penerimaan tahun 2017 sudah bisa menerima mahasiswan baru untuk Prodi baru,”harapnya.
Dengan penambahan prodi baru ini Tamrin mengakui, membutuhkan 6 dosen di bidang pendidikan anak usia dini, dengan pendidikan minimal S2.
“Kita pasti membutuhkan dosen baru untuk prodi baru ini, dosen yang berpendidikan minimal S2 di bidangnya, jadi setiap satu Prodi Kita membutuhkan 6 dosen,”paparnya.
Tidak hanya itu, Tamrin juga berharap kedepanya dapat mengembangkan Unikarta tidak hanya dengan menambah Prodi saja namun juga menambah fakultas yang ada.
“kedepannya kita juga akan buka fakultas kesehatan di Unikarta, kita juga mendapat saran dari masyarakan untuk membuka Diploma 3 (D3), program studi perkebunan di Fakultas Pertanian, itu rencana kita yang akan dirintis kedepan, karena kebijakan pemerintah sekarang itu lebih mendorong ke pendidikan vokasi,” pungkasnya.(yul1116)