Breaking News
Home >> Olahraga Daerah >> 23 Atlet Anggar Ikuti Kejuaraan PPLP Nasional

23 Atlet Anggar Ikuti Kejuaraan PPLP Nasional

SAMARINDA – Sebanyak 23 atlet anggar Kaltim sudah dipersiapkan mengikuti kejuaraan antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) secara nasional di Manado, 11-15 Oktober 2016. Kejuaraan ini diikuti para peanggar belia Kaltim karena mereka merupakan siswa Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI).
Ketua Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kaltim, Muslimin mengatakan ajang kejuaraan PPLP ini memungkinkan bagi dirinya untuk memilih atlet-atlet potensial yang dipersiapkan untuk menghdapi PON Remaja II di Jawa Tengah. Dengan kekuatan 23 atlet, PPLP Kaltim mengikuti nomor tanding dari seluruh senjata yang dipertandingkan yaitu sable, degan dan floret.
“Harapan kami dari kejuaraan ini akan bermunculan atlet-atlet yang potensial, yang kemudian dipersiapkan untuk mengikuti PON Remaja, setelah itu PON 2020 di Papua, artinya ini akan menjadi cikal bakal atlet untuk menggantikan para seniornya yang sudah tidak bermain di PON 2020 mendatang,” kata Muslimin.
Pada kejuaraan antar PPLP ini Muslimin tak mematok target tinggi. Dari 23 atlet yang dikirim, ia meminta para atlet bisa menyumbangkan 2 medali emas di nomor senjata sable perorangan putri dan degan perorangan putri.
“Karena memang kalau melihat potensi yang dimiliki oleh atlet junior kami, potensi mereka sangat bagus dan ini memberikan kontribusi bagi Kaltim sebagai regenerasi untuk kedepannya. Jadi dengan adanya PPLP dan SKOI ini sangat membantu dalam pembinaan atlet kami,” paparnya.
Hasil kejuaraan antar PPLP tersebut menurut Muslimin nantinya akan menjadi bahan evaluasi pelatih untuk mengasah kemampuan atlet muda Kaltim ini. Harpannya, saat mereka sudah menginjak ke tahap senior, kemampuan mereka sudah lebih matang.
“Yang jelas nantinya akan ada evaluasi untuk atlet dimana letak kekurangan mereka dan kelebihannya, yang kemudian diperbaiki, sebelum mereka naik ke level yang lebih tinggi lagi,” pungkasnya. (rgn)