Breaking News
Home >> Politik >> Pengesahan APBD-P 2016 Kaltara Ditunda

Pengesahan APBD-P 2016 Kaltara Ditunda

TANJUNG SELOR – Jadwal pengesahan APBD Perubahan 2016 Kaltara belum ada hingga saat ini. Sebelumnya, paripurna persetujuan bersama antara gubernur dan pimpinan DPRD Kaltara tentang APBD Perubahan tahun anggaran 2016 batal diselenggarakan karena belum ada nomor registrasi dari Kementerian Dalam Negeri, Senin (21/11).
Sesuai jadwal awal, sedianya Rabu (23/11) paripurna pengesahan diselenggarakan. Ketua DPRD Kaltara Marten Sablon mengaku belum mengantongi jadwal resmi setelah pembatalan. “DPRD masih menunggu informasi dari Pemprov tentang nomor registrasi yang sampai hari ini (kemarin, red) belum keluar dari Kemendagri,” kata Marten Sablon, kemarin.
Menurut dia, paripurna pengesahan bisa dilaksanakan setelah ada kepastian nomor registrasi dari Kemendagri. Ia mengaku tak ingin kejadian Senin terulang, di mana tamu undangan sudah datang tapi ujungnya ditunda karenaada masalah teknis. “Kalau sudah pasti langsung kami jadwalkan,” sebutnya.
Dijelaskan, waktu semakin sempit sementara APBD P belum juga disahkan. Tentu hal ini berimbas kepada realisasi anggaran yang berpotensi tak terserap maksimal. Oleh sebab itu, ia mendesak pemprov melalui bagian hukum supaya bisa mengawal sekaligus meminta segera kepada Kemendagri agar mendapatkan nomor registrasi. “Kami harap pemprov lebih giat lagi, supaya bisa dipercepat,” pintanya.
Untuk diketahui, jika nomor registrasi tersebut sudah keluar, dewan tidak langsung melakukan paripurna melainkan diserahkan terlebih dahulu kepada pemerintah. “Kalaupun itu sudah ada, seharusnya dikembalikan ke Pemprov baru kemudian mereka serahkan ke DPRD dulu, baru antara Banggar dengan TAPD harus rapat dulu terkait apa saja yang dievaluasi oleh Kemendagri,” bebernya.
Sementara itu, ia berharap antara TAPD dengan Banggar juga harus sinkron supaya tak terjadi perdebatan alot yang bisa perlambat pengesahan. Terlebih waktu terus berjalan dan kepentingan rakyat dipertaruhkan.
“Kami berharap ini bisa lebih cair dan lancar. Waktu satu hari saja sangat berharga saat ini jika tidak segera diselesaikan dan disahkan,” tuntasnya. (zz)