Published On: Jum, Feb 22nd, 2013

290 Ribu E-KTP akan Didistribusikan

BALIKPAPAN- Pemkot siap mendistribusikan 290 ribu KTP elektronik (E KTP) bagi warga Balikpapan. Pendistribusian akan dimulai pada 11 Maret mendatang melalui kantor kecamatan.
“Masing-masing kecamatan akan mendistribusikan KTP baru ini, tapi teknis bagaimana masih dibahas. Bisa saja per kelurahan diberikan ke warga, jadi kecamatan membuat jadwalnya. Teknis ini belum final,” kata Kabag Humas dan Protokol Sudirman Djayaleksana, kemarin.
Mekanisme pendistribusian pen-ting agar nantinya tidak menyulitkan warga yang mengurus surat-surat di kecamatan, termasuk warga yang akan mengambil KTP baru. “Lebih lama biasanya dari pada antrian mela-kukan perekaman data E KTP. Kita harapkan mekanisme ini tidak terlalu lama warga menunggu,” harapnya.
Pemkot telah melaksanakan perekaman E KTP yang mencapai lebih dari 90 persen. KTP ini akan distribusikan terlebih dahulu kepada 80 persen warga yang telah merekam data E KTP tersebut.
“Warga bisa membawa KTP lama tapi untuk menghindari antrian panjang kita akan siapkan mekanisme pengambilan seperti apa. Kita imbau warga tidak perlu terburu-buru menukarkan KTP. Kita ingin warga dapat mudah menukarkan KTPnya dan proses ini sampai Oktober mendatang tapi bisa juga lebih,” jelasnya.
Pendistribusian E KTP diutamakan dulu bagi kecamatan yang tidak dimekarkan. “ Yang kecamatan pemekaran masih dibicarakan teknisnya apakah diserahkan di Kecamatan Balikpapan Selatan atau di Kecamatan Balikpapan Kota,” tandasnya.
Distribusi E KTP akan dilakukan selama hari kerja. Pada Senin-Kamis dilayani dari pukul 08.00 Wita-16.00 Wita. “Sedangkan Jumat hingga pukul 11.30 Wita,” tambahnya.
Dari data Disdukcapail, jumlah wajib KTP sebanyak 391.544 jiwa, yang terekam pada proses E KTP adalah sebesar  353.671 jiwa atau 90,33 persen. Terhitung sampai hari ini (19/2/2013), jumlah  E KTP yang sudah dicetak  adalah 290.662 lembar atau sekitar 82,26 persen.
Wilayah Kecamatan Balikpapan Timur jumlah  E KTP yang akan didistribusikan adalah 34.411 lembar, Balikpapan Selatan sebanyak 98.497 lembar, Balikpapan Tengah 57.293 lembar, Balikpapan Barat 46.643 lembar dan Balikpapan Utara 53.818 lembar. (din)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web