Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
3 Bulan, Pasien Ispa dan Diare Capai 500 Orang

3 Bulan, Pasien Ispa dan Diare Capai 500 Orang


korankaltim
korankaltim
2016-10-07 05:00:12
PENAJAM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Penajam Paser Utara (PPU) meminta agar masyarakat mewaspadai pancaroba atau terjadinya perubahan iklim akhir – akhir ini sebab dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat.

Demikian dikatakan, Kasi Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan PPU, dr. Eka Wardhana, kepada Koran Kaltim, siang kemarin.

“Pancaroba merupakan masa peralihan antara dua musim yakni musim kemarau ke musim penghujan yang terjadi belakangan ini sangat mempengaruhi kesehatan, khususnya kondisi cuaca yang terjadi di PPU, sehingga kami minta masyarakat mewaspadainya, pasalnya akibat kondisi itu banyak masyarakat menderita penyakit seperti Ispa (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) dan diare,”ujarnya.

Menurutnya, dengan perubahan iklim seperti ini, penyakit yang paling banyak timbul dan ditakuti adalah ispa dan diare, sebab perubahan iklim ini sangat barpengaruh terhadap kesehatan manusia. Sehingga masyarakat harus waspada dengan tetap menjaga kesehatan diri dan lingkungannya.

Untuk diketahui, dari hasil monitoring pihaknya ke sejumlah Puskesmas terkait menjaga kesehatan individu, hingga kini masih terus berjalan sebagai upaya antisipasi bertambahnya jumlah pasein penderita Ispa dan diare.

Diungkapkannya, dari 11 Puskesmas se-PPU jumlah kasus penyakit Ispa selma tiga bulan terakhir mulai mengalami peningkatan kasus, di mana ada sekitar 500 warga atau menderita penyakit itu atau terjadi peningkatan lima persen dari biasanya.

“Dari jumlah penderita tersebut terbanyak dari pasein berusia 14 tahun keatas. Sementara Ispa itu muncul apabila daya tahan tubuh manusia mengalami penurunan akibat faktor cuaca yang buruk ditambah dengan pola hidup yang kurang baik pula,”terang Eka.

Sementara itu, lanjutnya, untuk jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) mengalami tren penurunanan, hal ini karena Puskesmas terus melaksanakan program 3 M (Menguras, Menutup dan Mengubur) kepada masyarakat masuk dalam pelayanan setiap Puskesmas

“Jumlah pasien DBD di PPU mengalami tren penurunan, karena pelaksanaan 3 M terus disosialisasikan oleh Puskesmas kepada masyarakat di wilayahnya masing – masing. Namun agar kesehatan masyarakat tetap terjaga adalah dengan cara tetap menjaga pola hidup sehat baik pada diri sendiri maupun lingkungannya,”tukas Eka. (nav)

loading...

baca LAINNYA