Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
50 KK Siap Ikut Transmigrasi Lokal

50 KK Siap Ikut Transmigrasi Lokal


korankaltim
korankaltim
2016-10-07 05:00:11
TANJUNG REDEB - Setelah sempat vakum, program transmigrasi kembali berjalan di Kabupaten Berau. Program ini berjalan sejalan dengan rencana Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menghidupkan kembali. Warga menyambut program ini. Setidaknya, tahun 2017 nanti sudah ada sebanyak 50 kepala keluarga siap mengikuti transmigrasi lokal di Pulau Maratua.

Tak seperti transmigrasi umum, transmigrasi lokal ini difokuskan bagi masyarakat nelayan. Selain sebagai penataan wilayah di Maratua yang penduduknya sedikit, program ini juga menjadi pembenahan pemerintah pusat di wilayah perbatasan.

“Semua pendanaan dari kementrian dan sesuai rencana program ini akan berjalan tahun depan. Kita hanya menyiapkan lahan saja dan tinggal menunggu jalan tahun depan,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau, Syarkawi HAB, Kamis (6/10) di ruang kerjanya.

Dalam program ini, peserta trans-migrasi lokal akan mendapatkan fasilitas berupa rumah huni, bantuan berupa perlengkapan nelayan, seperti perahu, alat tangkap ikan dan sejumlah keperluan lainnya.

Untuk proses pembinaan dilakukan oleh kementerian bekerjasama dengan pemerintah daerah hingga akhirnya menjadi nelayan yang mandiri.

“Program ini sebenarnya direncana-kan sejak 2015 lalu, namun persiapan lokasi seperti perijinan cukup lama sehingga bisa berjalan tahun depan,” ungkap Syarkawi.

Sesuai dengan program pemerintah pusat yakni membangun daerah lewat pinggiran, dari 10 kabupaten dan kota di Kaltim hanya dua daerah yang ditunjuk untuk program ini, yakni Kabupaten Berau dan Mahakam Ulu.

“Kita sangat mendukung program ini karena lebih fokus untuk membangun daerah-daerah yang masih sedikit penduduknya apalagi berada di daerah pesisir dan menjadi perbatasan dengan negara luar,” pungkasnya. (sam)

loading...

baca LAINNYA