Published On: Jum, Mei 10th, 2013

60 Persen Caleg Balikpapan Berijazah SLTA

BALIKPAPAN – KPU Balikpapan mencatat sebanyak 60 persen bakal Calon Anggota Legislatif (Caleg) asal 12 Partai Politik (Parpol) di Balikpapan merupakan tamatan SLTA, sedangkan 40 persen berpendidikan Strata 1.
“Dari 506 bakal Caleg yang mendaftar, hanya 10 orang saja yang berpendidikan strata dua, selebihnya berpendidikan SLTA,” ungkap Ketua KPU Balikpapan, Gamal Rustamadji kepada Koran Kaltim, kemarin.
Dengan porsi pendidikan SLTA yang mendominasi, ia memastikan tingkat kualitas dan intelek-tualitas calon akan berpengaruh pada kualitas di dewan saat mengambil keputusan dan menghasilkan produk hukum. Karena, tuntutan intelektual calon menjadi keharusan dalam meng-hadapi dan mengurai persoalan di Balikpapan.
“Sementara kita menuntut perbaikan dan peningkatan kualitas calon. Otomatis tingkat intelektualitas dan kualitas saat menjadi anggota dewan tentu akan berpengaruh,” imbuhnya.
Tak hanya itu, Gamal menilai tak ada peningkatan lebih baik dibanding tahun lalu, karena periode lalu lebih baik dalam pendidikan, dibanding periode mendatang.
“Tanpa menilai berlebihan, tapi dominasi pendidikan SLTA pada berkas Caleg Balikpapan juga akan berpengaruh, karena sulitnya melakukan legalisir berkas pendidikan strata satu bagi Caleg karena persoalan jarak,” terangnya.
Kemudian, pendidikan strata satu para bakal Caleg dimungkinkan ditempuh di Jawa, sehingga mereka kesulitan melegalisir ijazah mereka. Padahal, ada edaran Menteri Dalam Negeri jika melegalisir ijazah harus dilakukan di kampus dan bukan di wilayah kopertis. Hal itu tentu menyulitkan para bakal Caleg sehingga mereka memilih mendaftar menggunakan ijazah SLTA.
Karena itu, Parpol diberi kesempatan memperbaiki berkas Caleg sejak 9-22 Mei 2013. (din)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web