Published On: Sen, Mar 25th, 2013

600 Kg Raskin Terendam Banjir di Gunung Kelua

SAMARINDA- Hujan deras yang melanda Samarinda pada Jumat pekan lalu selain mengakibatkan banjir di beberapa titik di kota Samarinda, ternyata juga membuat rusak 40 karung atau 600 kg beras keluarga miskin (Raskin) di Kelurahan Gunung Kelua Samarinda Ulu. Hal ini dikatakan oleh Lurah Gunung Kelua, Wisbar Aldar kepada Koran Kaltim, pagi kemarin.
Hujan yang turun sejak sore hari hingga malam itu membuat kantor Kelurahan Gunung Kelua kemasukan air setinggi 15 cm termasuk juga gudang penyimpanan raskin tersebut.
“Total raskin yang ada di gudang sebanyak 80 karung, namun yang terselamatkan hanya setengahnya saja,” ucap Wisbar Aldar.
Ia melanjutkan, saat ini beras sudah tidak layak konsumsi lantaran terendam banjir yang melanda kelurahan tersebut akhir pekan lalu. Butir-butir beras tidak lagi berwarna putih melainkan kuning kehitaman. Wujudnya juga sudah menggumpal merekat satu sama lain. Beras juga berbau busuk, padahal masing-masing sak berisi 15 Kg dan jatah satu kepala keluarga.
“Beras tersebut memang belum diambil oleh warga, namun sekarang malah terkena banjir. Karena tidak layak, kami akan minta bulog untuk dapat menggantikan beras tersebut,” kata Rohadi, Kamis (28/2).
Melihat kondisi beras yang demikian, dia mengharapkan bisa ditukar dengan beras baru yang layak konsumsi oleh Bulog. Terlebih lagi kesalahan bukan karena manusia melainkan faktor alam. Di sisi lain, saat ini banyak warganya yang membutuhkan beras lantaran terkena banjir besar pekan lalu.
“Rencananya siang ini (kemarin) orang bulog akan datng untuk memeriksa kondisi beras. Semoga saja dalam waktu dekat beras yang rusak dapat diganti,” imbuhnya
Menurutnya, banjir terjadi akibat debit air yang tinggi pada kawasannya. Sehingga drainase yang ada tak mampu menampung hingga banjir yang terjadi masuk hingga kedalam kantor kelurahan.
“Tampaknya folder Air Hitam juga mendesak untuk di normalisasi. Semoga instansi terkait dapat segera melakukan hal tersebut, agar kejadian ini tak terulang lagi,” pungkasnya. (hfd612)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web