Home >> Olahraga Daerah >> 64 Tim Perebutkan Piala Gubernur dan DPRD Kaltim
PEMBINAAN : Pengprov PDBI Kaltim gelar kejuaraan tahunan untuk pembinaan atlet di daerah dan klub-klub di Bumi Etam.
PEMBINAAN : Pengprov PDBI Kaltim gelar kejuaraan tahunan untuk pembinaan atlet di daerah dan klub-klub di Bumi Etam.

64 Tim Perebutkan Piala Gubernur dan DPRD Kaltim

SAMARINDA – Pengprov Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kaltim, Jumat (18/11) hingga Minggu (20/11) besok, menggelar Borneo Open Marching Band Competition (BOMBC) V 2016 di GOR Latihan Komplek Stadion Segiri, Samarinda Jl Kesuma Bangsa.
Kejuaraan ini mempertandingkan 3 mata lomba yakni display competition, drum battle dan guard contest, yang dibagi menjadi 6 kategori yaitu pemula/TK, junior non brass, junior brass, senior non brass, senior brass dan umum atau open class.
Sebanyak 64 tim akan unjuk kebolehan untuk meraih Piala Gubernur dan DPRD Kaltim. Sebanyak 38 tim mata lomba display competition, 18 tim untuk battle competition dan 8 tim dari kelas guard contest dari asal daerah Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kukar, Kubar dan Berau. Tujuannya selain ajang tahunan, juga ajang pembinaan regenerasi atlet baik di daerah maupun klub-klub di Bumi Etam.
“Jadi memang ini salah satu langkah pembinaan kepada atlet usia muda, yang nantinya dipersiapkan mengikuti event nasional, sehingga persiapan yang dilakukan menuju PON nanti bisa lebih maksimal lagi,” kata Sekretaris PDBI Kaltim, Ahmad Albert.
Menurut dia, kejuaraan kali ini memang untuk menjaring atlet potensial. Pengprov akan kembali mengagendakan kejuaraan serupa dengan meningkatkan kualitas dan level kejuaraan BOMBC VI/2017 mendatang.
“Supaya klub-klub yang ada di Kaltim ini bisa bersaing dilevel nasional bahkan hingga internasional, sehingga BOMBC ini menjadi evant bertaraf nasional, sehingga akan bermunculan atlet-atlet daerah kaltim khususnya yang kedepannya akan menjadi andalan untuk Indonesia untuk mengukir prestasi,” paparnya.
Albert menambahkan, dia berharap kegagalan cabang olahraga drum band saat kualifikasi PON XIX 2016 lalu, menjadi pelajaran untuk kedepan dan pada PON 2020 mendatang di Papua, drum band Bumi Etam bisa tampil lebih baik lagi, dengan mempersembahkan medali untuk Kaltim.
“Kami ingin, pembinaan ini dilakukan mulai dari sekarang sehingga, saatnya nanti mereka bisa tampil lebih baik dan maksimal dengan persiapan yang sudah dilakukan sejak dari sekarang ini, itu harapan kami,” pungkasnya. (rgn)