9 Ribu Warga Bontang Belum Rekam E-KTP


korankaltim
korankaltim
2015-11-15 22:38:47
BONTANG – Sebanyak 9.000 warga Bontang belum melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Kepala Bidang Pendaftaran dan Kependudukan (Dafduk) Disdukcapil Bontang, Eka Dedy Anshariddin menuturkan, dari total 114.253 warga Bontang yang telah wajib KTP, masih ada sekitar 7 persen yang belum melakukan perekaman. Ia menjelaskan, mereka yang belum melakukan perekaman itu adalah warga yang menetap di Bontang, tetapi memiliki pekerjaan di luar kota. Sehingga tidak sempat melakukan perekaman di wilayah administrasi Bontang.

“Biasanya Kepala Keluarga (KK) punya kerjaan di luar kota dan jarang pulang, sehingga tidak punya waktu untuk mengurus e-KTP,” ujarnya.

Selain itu, dia menyebutkan bagi warga yang tengah menuntut studi di luar kota pun banyak yang belum melakukan perekaman. Seperti mahasiswa yang sedang studi di luar kota juga kerap ditemui belum memperbaharui data mereka.

Dedi melanjutkan, Disdukcapil tak mengetahui sebaran warga yang belum melakukan perekaman e-KTP itu. Tetapi yang pasti, pihaknya telah meminta kepada warga untuk segera melakukan perekaman data dan migrasi ke system kependudukan yang baru.

“Saya belum tahu pasti wilayah mana yang paling banyak warganya belum melakukan perekaman e-KTP,” katanya.

Meminimalisir warga yang belum merekam, pihaknya harus ke lapangan mendata warga, sekaligus melakukan perekaman e-KTP. Selain itu, Disdukcapil berusaha melakukan pendekatan melalui ketua RT memanggil warganya. “Proses perekaman masih berjalan. Warga yang belum melakukan perekaman silakan datang ke kantor camat,” tuturnya. (ram914)

baca LAINNYA