Breaking News
Home >> Balikpapan >> Abdulloh: GKB Harus Diserahkan ke Dispora

Abdulloh: GKB Harus Diserahkan ke Dispora

BALIKPAPAN – Ketua DPRD Abdulloh mendesak agar Dinas PU pengelolaan Gedung Kesenian Balikpapan (GKB) diserahkan kepada Dispora. Agar nantinya, bisa dibentuk UPT yang mampu mengelola secara maksimal, sehingga mendatangkan Pendapatan Asil Daerah (PAD).
Abdulloh menginginkan pengeloaan GKB diserahkan pada ahlinya. “Kalau tidak diserahkan ahlinya niscaya gedung itu tidak bisa maksimal dikelola,”tandasnya.
Diakui hingga kini pengelolaan belum diserahkan kepada Dispora. “Tahun ini harus karena Perdanya sudah disahkan. Perda sudah maka Dinas PU serahkan ke Dispora. Nanti Dispora yang bentuk UPT-UPT yang melibatkan GKB. Harus orang profesional dan DKB itu bagian dari gedung kesenian itu sendiri ngapain pakai orang lain,” ujarnya.
GKB yang berada di Jalan Syarifuddin Yoes, Gunung Bahagia Balikpapan Sselatan ini mulai dibangun pada 2012 dan selesai selama dua tahun dengan biaya Rp58 miliar pada era Ketua DPRD Andi Burhanuddin Solong.
Ketua Bidang Publikasi dan Informasi, Dokumentasi GKB, Teguh Suwito mengatakan DKB sepakat agar pengelolaan melibatkan praktisi seniman khususnya DKB. “Agar pengelolaan, fungsi dan peruntukan GKB tidak untuk kegiatan apapun tapi khusus untuk kegiatan seni dan budaya,” tandasnya.
Sejak selesai dibangun 2014 lalu, gedung masih dikelola oleh PU kota di bawah UPT pengelolaan dan perawatan gedung. Hal ini karena masih menunggu Perda. Selama operasional, GKB masih didominasi kegiatan pendidikan dan sosial sampai kegiatan keagamaan.
Gedung ini dilengkapi sejumlah fasilitas yakni hall, ruang teater mampu menampung 900 orang, ruang tunggu, dan area galeri seni, ruang ritel dan musala. (din)