Home >> Samarinda >> Ada Pungli, Lapor ke Mapolres

Ada Pungli, Lapor ke Mapolres

SAMARINDA – Setelah terbentuk pekan lalu, Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Samarinda mulai bergerak tak hanya menanti laporan masyarakat tapi juga terjun langsung ke lapangan.
Ketua Tim Saber Pungli Samarinda, Kombespol Vendra Rivianto mengatakan, saat ini pihaknya masih mempersiapkan kebutuhan administrasi guna mempermudah tugas-tugas timnya ke depan. “Sementara tugas dan rencana lanjutan masih dilakukan seluruh tim pada kesempatan lain. Pastinya, kerja-kerja yang ada hasil dari keputusan bersama,” ujar Vendra.
Saat ini pihaknya masih melakukan sosialisasi terkait satgas gabungan dengan skala tugas Samarinda. Lemahnya pengawasan dan rendahnya moralitas membuat calo-calo jasa di sentra-sentra pelayanan publik membuat warga terperdaya kata manis para pelaku pungli.
“Ada dua pendekatan yang kami gunakan sebagai langkah penegakan. Pertama, yakni pendekatan internal dari masing-masing lembaga yang terbukti anggotanya memungut. Yang kedua, pendekatan hukum pidana dan diproses sesuai hukum yang berlaku,” urai Vendra.
Adapun posko sekretariat Saber Pungli tempat laporan dari masyarakat bisa disampaikan ke Mapolresta Samarinda Jl Slamet Riyadi, Karang Asam. “Kami menunggu laporan dari masyarakat setiap saat,” tegasnya. (net)