Ketua Komisi I Terima Aspirasi HMI Kukar


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 bulan yang lalu     546 kali
img PERTEMUAN: Sejumlah anggota DPRD menerima rombongan anggota HMI Kukar yang menyampaikan aspirasi terkait aksi solidaritas Palestina.

TENGGARONG - Komisi I DPRD Kutai Kartanegara menerima aksi solidaritas Palestina yang dilakukan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Kukar, Kamis (14/12).

Ketua Komisi I DPRD Kukar Hamdan dengan didampingi anggota lintas Komisi seperti H Ahmad Yani, HM Behman, Buherah dan M Andi Faisal menerima aspirasi yang dimotori langsung mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) di ruang rapat kerja Komisi I.

Seperti diketahui pengakuan sepihak yang dilakukan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menetapkan Yerusalem sebagai ibukota Israel dikategorikan sebagai tindakan kejahatan skala internasional karena telah melanggar dari perjanjian tujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Meskipun Presiden Indonesia Jokowi telah mengatakan sikap kecaman kepada tindakan Trump, namun kita harus tetap menyerukan keberpihakan kita selaku warga negara,” kata pengurus HMI cabang Kukar, Ridwan dihadapan para dewan kemarin.

Menurutnya masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim tidak lagi memiliki alasan untuk tidak memihak kepada Palestina. Meskipun Palestina bukan hanya warga muslim saja. “Artinya kita warga Indonesia selain terikat secara kemanusiaan kita juga terikat secara iman. Sehingga kami dari HMI menggelar aksi solidaritas mengecam tindakan Trump dan menyampaikan beberapa tuntutan kepada pemerintah Indonesia,” ucapnya.

Adapun tuntutan yang diminta ialah agar pemerintah melakukan pemboikotan atau menolak produk yang berasal dari Amerika. Mendorong pemerintah untuk mengirimkan tentara indonesia ke Palestina melakukan pengamanan atas tindakan kriminal yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Meminta pemerintah agar mengirimkan bantuan logistik yang dibutuhkan warga Palestina. “Tentunya kita mensupport penuh dengan aksi solidaritas yang dilakukan kawan-kawan HMI ini. Sebagai pribadi umat muslim dan anggota legislatif kita patut sampaikan aspirasi ini dan tentunya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk peduli terhadap kondisi kritis yang kini dialami saudara kita di Palestina. Tinggal langkah kita saja sesuai Tupoksi dan kemampuan dalam memberikan tindakan nyata, salut untuk HMI Kukar,” ucap Hamdan kepada Koran Kaltim usai menerima aspirasi HMI kemarin.

Untuk diketahui sebelum menyampaikan aspirasi ke DPRD Kukar, HMI melakukan aksi turun kejalan tepatnya di simpang empat jembatan Bongkok Tenggarong. (adv/hei)


baca LAINNYA