Selasa, 10/04/2018

Bulan Depan, Penerima Rastra Gunakan ATM

Selasa, 10/04/2018

Ridwan Tassa

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Bulan Depan, Penerima Rastra Gunakan ATM

Selasa, 10/04/2018

logo

Ridwan Tassa

SAMARINDA - Mulai Mei mendatang, masyarakat miskin yang terdata di Bank Data Terpadu (BDT) Dinas Sosial Samarinda akan menerima bantuan beras sejahtera (Rastra) dalam bentuk Bantuan Non Tunai (BTN).

Masyarakat miskin tersebut akan dibagikan kartu anjungan tunai mandiri (ATM), yang mana setiap bulannya akan menerima sebesar Rp 110 ribu. Bantuan Non Tunai (BTN) tersebut diperuntukan untuk membeli beras dan telur saja di e-Warung yang sudah disediakan oleh Dinas Sosial.

“Penerima BTN itu akan belanja di e-Warung yang kami siapkan sebanyak 25 titik tersebar di Samarinda. Uang sebesar Rp 110 Ribu hanya untuk membeli beras dan telur, jika ingin berbelanja minyak goreng harus menggunakan uang tunai,” terang Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Samarinda Ridwan Tassa, Selasa (10/4).

Dikatakannya, dalam rapat koordinasi tentang Beras Sejahtera (Rasta) yang berlangsung di Kutai Timur, seluruh daerah akan mempersiapkan infrastruktur agar pembagian BTN berjalan lancar dan tidak ada lagi pembagian beras secara langsung.

Khusus di Samarinda, ada tiga kendala yang dihadapi yakni validasi data dimana data yang sudah diverifikasi sebanyak 17 ribuan terdapat 9.000 warga yang datanya tidak valid. Bahkan, laporan ini sudah dikirim ke Kementerian Sosial. Kemudian infrastruktur yang disiapkan oleh bank yakni mesin Electronic Data Captures (EDC) dan penerima bantuan tersebut belum menerima kartu ATM.

Untuk itu, Dinsos Samarinda bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk secepatnya memproses pencetakan kartu ATM tersebut. “Setiap kartu ATM yang diberikan kepada 17 ribuan jumlah warga yang menerima tersebut berdasarkan BDT,” urainya. (adv/sn318)

Bulan Depan, Penerima Rastra Gunakan ATM

Selasa, 10/04/2018

Ridwan Tassa

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.