Senin, 24/07/2017

Lulusan SMK Diharapkan Turunkan Tingkat Pengangguran

Senin, 24/07/2017

Rita Artaty Barito

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Lulusan SMK Diharapkan Turunkan Tingkat Pengangguran

Senin, 24/07/2017

logo

Rita Artaty Barito

SAMARINDA - Tahun ajaran baru 2017-2018 bagi anak sekolah khususnya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah dimulai. Anggota DPRD Kaltim Rita Artaty Barito mengungkapkan harapannya agar siswa SMK kedepannya bisa menurunkan angka pengangguran di Kaltim.

Masa pendidikan mereka merupakan awal terbukanya peluang untuk  mengem-bangkan kemampuan diri sesuai jurusan untuk mendalami kemampuan. Nantinya dari kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan bagi dirinya maupun orang lain untuk membuka jalan mendapatkan lapangan pekerjaan. 

“Bahkan memungkinkan membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan membuka usaha, jika memiliki karyawan maka akan memberikan penghasilan tak hanya bagi dirinya sendiri.  Saya yakin lulusan SMK jika bersungguh-sungguh memiliki potensi yang sangat baik,” ungkap Rita.

Dengan peluang itu siswa SMK diharapkan dapat membaca potensi diri mengenai pengembangan dirinya. Beberapa kemampuan tersebut misalnya mengolah potensi dirinya pada bidang yang ia geluti, seperti siswa teknologi komunikasi jaringan (TKJ), Multimedia (MM), Rekayasa Peranti Lunak (RPL).

Lebih lanjut bukan hanya siswa yang baru mulai belajar di SMK, Politikus Partai Golkar ini juga mengucapkan selamat kepada siswa-siswa SMK yang berhasil lulus. Ia berharap bekal yang dimiliki siswa SMK sudah menjadi modal bagi mereka. 

Rita sangat mendukung jika semua sekolah kejuruan telah  ditingkatkan, tidak hanya dari fasilitas praktek pendukungnya, namun dari sisi konsep-konsep  untuk  perkembangan sekolah kejuruan juga diterapkan. Seperti penambahan jurusan-jurusan yang kompetitif serta sinergi dengan peluang dan kebutuhan saat ini.

Menurutnya siswa SMK yang memang dipersiapkan agar siap bekerja cerdas memang menjadi alternatif unggul menghindari terjadinya pengangguran usai mereka dinyatakan lulus dari pendidikan yang sejenjang dengan SMA ini.

“Memang tidak harus bekerja ketika siswa SMK lulus, ada juga yang ketika lulus memilih untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan konsen jurusan yang sejalan, ini kembali soal pilihan,” tandanya. (adv/hms5)

Lulusan SMK Diharapkan Turunkan Tingkat Pengangguran

Senin, 24/07/2017

Rita Artaty Barito

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.