Rita : Anak Muda Harus Mencintai Budayanya


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     2 months ago     540 kali
img ROCK IN BORNEO: Bupati Rita ikut tampil pada pertunjukan kesenian daeah Mamanda (kiri). Rita menyempatkan diri bertoto bersama grup Skid Row dan Jamrud usai menggelar jumpa pers di Pendopo Odah Etam, Tenggarong. (FOTO: RIAN/KK)

TENGGARONG - Pagelaran Rock In Borneo (RIB) 2017 sudah masuk tahun ke enam, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari Phd, ingin terus berupaya melestarikan kesenian daerah khas Kalimantan. Hal ini terbukti ajang RIB yang menampilkan grup band rock dunia, Skid Row serta band kenamaan Tanah Air, Jamrud dipadukan dengan kesenian daerah khas Kutai Mamanda dan Tari Jepen berlangsung sukses, Sabtu (23/9) di Lapangan Panahan Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang.

“Kami ingin anak muda Kaltim dan sekitarnya tetap mengenal dan mencintai kesenian tradisional Mamanda. Juga kesenian daerah lainnya, seperti Jepen, Tarsul, Beladon, Belian serta Tari Enggang ditampilkan pada RIB 2017. Para pemuda juga harus kreatif dan tak ketinggalan teknologi,” ucap Bupati Rita, saat menyampaikan sambutannya.

Rita juga menambahkan, Pagelaran RIB 2017 juga menghibur masyarakat tenggarong, dan sebagai langkah menggerakan ekonomi lokal, serta memperkenalkan budaya lokal di kancah Internasional. Bupati Rita bangga setiap pagelaran RIB, selalu aman dan terkendali tanpa kerusuhan. Bupati berkeinginan Rock dan Budaya Lokal selalu berdampingan. Rita juga berpesan kepada penonton untuk jauhi Narkoba. “Saya suka rocker, saya anti Narkoba, saya sayang kalian semua, hindari Narkoba,” pesannya.

Jamrud tampil lebih dulu lewat tembang pembuka Berakit-Rakit dari Album Terima Kasih yang dirilis 1998. Sebagian besar penonton melompat-lompat mengikuti ritme musik yang cepat sembari mengangkat tangan mereka. 

Grup asal Cimahi yang beranggotakan Azis M.S. (gitar), Ricky Teddy (bass), Krisyanto (vokal), Mochamad Irwan (gitar) dan Danny Rachman (drum) ini memanjakan para jammers (sebutan para penggemar Jamrud) lewat tembang-tembang hits mereka. 

“Terima kasih kepada Bunda Rita Widyasari, telah menghadirkan kami ke Tenggarong. Ini pengalaman pertama kali manggung di bumi Kukar,” ucap vokalis Jamrud, Krisyanto.

Penampilan Skid Row berlangsung pukul 22.00 Wita, Skid Row mulai menghentak panggung di depan hampir 70 ribu penonton ini. Personel Skid Row yakni Rachel Bolan (bass/vokal), Scotti Hill (gitar/vokal), Rob Hammersmith (drum), Dave Sabo (gitar/vokal) dan ZP Theart (lead vokal) tampil membuat senang penggemarnya yang menonton. (adv/ran)



loading...

baca LAINNYA