Senin, 16/10/2017

Pariwisata Bisa Jadi Altenatif Sumber PAD

Senin, 16/10/2017

Sandra puspa dewi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pariwisata Bisa Jadi Altenatif Sumber PAD

Senin, 16/10/2017

logo

Sandra puspa dewi

SAMARINDA-Sektor pariwisata bisa menjadi salah satu penopang perekonomian Kaltim. Oleh sebab itu, peningkatan dan pengembangan pariwisata wajib mendapat perhatian serius pemerintah daerah agar bisa diunggulkan menjadi sumber PAD.

Dikatakan Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim Sandra Puspa Dewi, sektor pariwisata bisa menjadi alternatif sumber pendapatan setelah SDA yang dimiliki Kaltim habis. “Kondisinya sekarang, SDA kita terus mengalami penurunan kuantitas. Apa yang bisa kita manfaatkan kedepannya selain pengembangan pariwisata,” sebut dia.a

Menurutnya, banyak tempat wisata di Kaltim yang butuh perhatian khusus. Salah satunya Prasasti Mulawarman yang terletak di Kabupeten Kutai Kartanegara (Kukar) dan wisata Jelajah Mahakam di Samarinda. Keduanya lanjut dia dapat dijadikan objek wisata bersejarah yang menjadi ikon dan kebanggaan Kaltim.

“Seperti Prasasti, itu peninggalan Kerajaan Kutai yang memiliki nilai sejarah tinggi dan patut menjadi kebanggaan kita. Sedangkan Sungai Mahakam, merupakan salah satu sungai yang bisa menceritakan banyak kenangan masa lalu Kaltim,” terang Politikus PKB ini. 

Selain itu, ada Kresik Luwai Taman Anggrek yang terletak di pedalaman Kubar sebagai objek wisata unggulan di Kaltim. “Anggrek hitam yang tumbuh di hutan seluas 5.000 hektar tersebut memiliki keistimewaan. Sebab anggrek hitam tersebut bisa tumbuh di pasir sepeti tumbuhan bakau,” ucapnya. 

Selanjutnya, objek wisata bahari seperti Pulau Derawan dan gugusan pulau lainnya di Kabupaten Berau. Dari wisata bahari tersebut kita dapat menikmati berbagai panorama yang sangat indah, seperti karang laut yang menawan, ikan hias, penyu hijau, mutiara laut, dan berbagai biota laut lain.

“Masih banyak lagi objek wisata lain yang tidak hanya kita ungulkan namun juga nantinya diharapkan bisa menambah pendapatan asli daerah kita,” tuturnya. 

Menurutnya, untuk menggalakkan objek wisata tersebut Pemprov Kaltim perlu melakukan pembenahan seperti perbaikan akses menuju tempat wisata sehingga mudah dijangkau dan meningkatkan promosi. Begitu juga dengan cara menyajikan paket-paket wisata menarik. Sebagai upaya untuk menarik wisatawan mancanegara.

“Wisata kita memiliki nilai plus dan keunggulan, yakni biaya yang ditawarkan cukup murah. Untuk itu kita perlu mengemas objek-objek wisata kita dengan paket yang menarik,” katanya.(adv/hms6)

Pariwisata Bisa Jadi Altenatif Sumber PAD

Senin, 16/10/2017

Sandra puspa dewi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.