Minggu, 26/11/2017

Beri Wadah Bagi Seniman

Minggu, 26/11/2017

Ahmad

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Beri Wadah Bagi Seniman

Minggu, 26/11/2017

logo

Ahmad

SAMARINDA - Potensi seniman lukis, seniman kriya dan seniman rupa bisa dibilang banyak di Kaltim namun, sayangnya fakta dilapangan masih banyak yang belum mendapatkan wadah atau perhatian dari pemerintah daerah.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Ahmad meminta kepada Pemerintah Provinsi Kaltim agar berkoordinasi dengan seluruh pemerintah kabupaten/kota dalam menciptakan banyak ruang bagi seniman untuk tampil di masyarakat.

“Untuk gedung seni memang hampir disetiap daerah ada tapi sayangnya masih terbilang monoton sehingga terkesan kurang terekspos keluar. Mereka yang datangpun bisa dikatakan masih sedikit, oleh karena itu dibutuhkan peran serta dari pemerintah daerah dalam menghidupkan dunia seniman di Kaltim khususnya untuk lukis, kriya dan rupa,”kata Ahmad.

Dikatakannya, pemerintah melalui dinas terkait memang sudah ada beberapa program yang mendukung akan tetapi sayangnya belum maksimal, pemerintah seharusnya mampu menciptakan banyak ruang lagi seperti mengikutsertakan para seniman lukis, kriya dan rupa pada evens baik lokal maupun luar daerah bahkan luar negeri.

“Bukankah banyak event di daerah seperti erau dan sejenisnya, selain yang diselenggarakan pemerintah seharusnya juga bisa dilibatkan pada non pemerintah seperti di mall dan diareal publik lain yang mengundang perhatian warga,”sebutnya.

Terkait dengan anggaran selain melalui program rutin yang diadakan oleh dinas terkait juga bisa meminta kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kaltim khususnya di sejumlah kabupaten/kota untuk terlibat dalam melestarikan dan menghidupkan seniman di daerah.

Politisi Partai Golkar itu meminta kepada sekolah-sekolah mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi untuk berkontribusi dalam pendidikan seniman melalui ekstrakulikuler sehingga bisa terjadi regenerasi yang baik.

“Jika memang rutin ditiap sekolah memiliki ekstrakulikuer untuk seni lukis, seni kriya dan seni rupa maka juga bisa diadakan pertandingan rutin antar sekolah yang membuat peserta lebih menggali lagi potensi seni didiri mereka masing-masing,” pungkasnya. (hms4)

Beri Wadah Bagi Seniman

Minggu, 26/11/2017

Ahmad

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.