Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Alhamdulillah, Jalan Berau-Bulungan Bisa Dilintasi

Alhamdulillah, Jalan Berau-Bulungan Bisa Dilintasi


korankaltim
korankaltim
2016-10-20 05:05:42
Bangun Jalan Darurat, Pengendara Diminta Waspada



TANJUNG REDEB – Langkah cepat dilakukan pemerintah mengatasi longsor di Jalan Berau-Bulungan Kilometer 44, dua hari lalu. Rabu (19/10), Dinas PU Berau dan PU Kaltim kerja sama atasi longsor tersebut, dengan mengerahkan satu unit alat berat. Alhasil, akses darat menghubungkan dua provinsi itu sudah bisa dilintasi kendaraan dengan lancar.

Informasi dihimpun di lokasi longsor, perbaikan jalan nasional dimulakan sejak pukul 18.00 WITA. Dalam hitungan jam, jalan akses sementara selebar 4 meter dan menimbun jalan dengan material pasir batu (sirtu).

Perbaikan jalan dengan membuat akses bagi kendaraan roda empat yang sebelumnya tertahan selama sehari saat longsor, sementara kendaraan roda dua masih bisa melintas di sisa jalan selebar semeter yang tak terkena longsor. Pengerjaan jalan sementara itu menunggu jembatan bailey atau jembatan rangka baja berkualitas sepanjang 50 meter rencananya dipasang dalam beberapa hari kedepan oleh Dinas PU Berau.

Sekitar pukul 07.00 WITA, jalan sementara sudah bisa dilintasi kendaraan dengan lancar. Petugas Dinas Perhubungan dan Satlantas Berau turut mengatur kendaraan untuk berjalan satu per satu. Hingga pukul 11.00 WITA, arus lalu lintas sudah lancar.

Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo kepada media ini mengaku telah meminta instansi terkait memasang rambu tanda bahaya disekitar lokasi longsor. Selain itu, instruksikan BPBD Berau siaga di lokasi untuk antisipasi jika terjadi longsor susulan.

“Jembatan bailey akan dipasang segera, targetnya sepekan selesai. Pemprov Kaltara mengajak bupati Berau dan Bulungan membuat surat ke Kementerian PU,” jelasnya.

Sebelumnya, akses darat di jalan longsor sedalam 8 meter dengan panjang 10 meter. Diduga longsor terjadi karena tanah tidak stabil, diperparah guyuran hujan deras dalam beberapa hari kedepan. Akibat kejadian itu, ratusan kendaraan roda empat ingin melintas dari arah Berau menuju Bulungan dan sebaliknya terpaksa tertahan.

“Lumayan sudah bisa dilintasi. Saya tunggu semalam, karena lihat alat berat dan sudah dikerjakan. Karena itu kami menunggu, jika tak cepat selesai, terpaksa kami berputar arah menuju Tanah Kuning. Usai magrib sudah selesai dikerjakan, tapi belum berani melintas dan menunggu hingga pagi,” ujar Edi, sopir truk sembako.

Meski sudah bisa dilalui kendaraan roda empat, namun pengendara diminta tetap waspada dan ekstra hati-hati, mengingat kondisi tanah belum stabil. Untuk antisipasi longsor, BPBD Kaltara mendirikan posko di lokasi longsor dan kerahkan sejumlah personel untuk berjaga-jaga di kawasan longsor. “Kami melihat masih risiko tinggi, karena belum tahu bagaimana kondisi tanahnya. Untung saja cuaca cerah, jika diguyur hujan deras lagi, bisa saja terjadi longsor susulan,” jelas Korlap BPBD Kaltara, Asnawi. (sam)

loading...

baca LAINNYA