Published On: Sel, Apr 30th, 2013

Alot, Penentuan Cagub di Demokrat

SAMARINDA –Penentuan siapa dari tiga nama calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilgub Kaltim 2013 berjalan alot di DPP Demokrat. Tiga nama calon gubernur itu adalah Awang Faroek Ishak, Letjen Subekti dan Imdaad Hamid serta satu calon wakil gubernur.
Sekretaris DPD Partai Demokrat Kaltim, Nicolas Pangeran, mengatakan, alotnya pembahasan lantaran pengurus DPD Partai Demokrat Kaltim punya keinginan untuk mengusung kandidat pilihannya, sementara DPP berkehendak lain. Keputusan pun belum bisa diambil.  Apalagi, Partai Demokrat hanya mempunyai 7 kursi di DPRD Kaltim. Artinya, tak bisa mengusung pasangan calon sendiri dan harus berkoalisi.
“Pembahasan Cagub dan Cawagub Kaltim masih alot dibahas DPP bersama DPD. Pasalnya, antara DPD dan DPP ada beberapa persoalan yang harus diputuskan secara bersama-sama, lantaran DPD punya pertimbangan khusus terkait figur calon yang akan diusung pada Pilgub digelar 10 September 2013 mendatang,” jelas Nicolas  melalui telepon selulernya, Senin (28/4).
Pertimbangan DPD tak hanya terkait elektabilitas calon. Juga peluang bagi kader Demokrat untuk maju menjadi calon. “Pembahasan menjadi alot tak hanya soal figur, tapi juga elektabilitas, keinginan untuk mengusung kader sendiri, sampai terkait persoalan koalisi Parpol. Daerah menginginkan mengusulkan calon tertentu, tapi pusat masih memer-timbangkan hal itu, sehingga  belum bisa disepakati. Tapi DPP akan memutuskan pada awal Mei ini,” bebernya.
Meski terjadi pembahasan cukup alot, namun antara DPP dan DPD punya pandangan sama. Bahwa, siapapun pasangan calon yang diusung Demokrat, harus menang pada Pilgub Kaltim nanti. Karena itu, kehati-hatian dalam memilih figur menjadi pertimbangan penting sebelum Demokrat memutuskan calonnya.
“Kalau soal rencana koalisi, Demokrat sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa Parpol, seperti PPP, Hanura, PDI Perjuangan dan PDS. Namun belum ada kesepakatan, mengingat masih terjadi perdebatan alot di DPP,” tandasnya. (sua)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web