Breaking News
Home >> Balikpapan >> Aman, Level Air Waduk Capai 9,5 Meter

Aman, Level Air Waduk Capai 9,5 Meter

BALIKPAPAN- PDAM Balikpapan mencatat sampai dengan Senin siang level air waduk tadah hujan Manggar mencapai 9,5 meter. Ketinggian itu terus bertambah jika hujan terjadi setiap hari terutama di kawasan waduk Manggar.
Dirut PDAM Balikpapan Haidir Effendi berharap hujan dapat turun terus menerus sehingga bisa mencapai ketinggian 10 meter. Dia berpendapat ketinggian level waduk 10 meter dapat membantu proses penyaringan kualitas air secara alami. Saat ini dia khawatir terjadi gangguan kualitas air akibat tidak adanya aliran buangan (limpasan) secara alami. “Airnya kan belum melimpas. Jadi potensi gangguan kualitas air yang kita khawatirkan sementara,” ujarnya, Senin (21/11).
Tinggi level air waduk menurutnya juga belum dapat dikatakan distribusi air bisa berjalan normal. Karena sangat dipengaruhi kapasitas distribusi. Daerah jauh dan tinggi diakui secara teknis belum dapat terlayani dengan maksimal. “Kan masih ada daerah –daerah yang tekanan belum 24 jam kita minimal 1 bar baru bisa melayani . Jadi kita tetap seleksi di sisi kualitas distribusi. Artinya tekanan air harus ada jangan sampai dipasang tapi tekanan tidak ada,” terangnya.
Saat ini jumlah pelanggan PDAM mencapai 94.500 lebih sambungan. Sejak Januari hingga sekarang sudah ada 2500 pendaftar baru.
“Tapi sebagian sudah ada yang terealisasi sebagian ada yang masih kita tunda. Yang terealisasi masih sedikit karena hampir setengah tahun tidak ada pelayanan sambungan baru,” ujarnya.
Sejak awal tahun sampai dengan Mei 2016 disebutkan Haidir hampir tidak ada pelayanan. Sambungan baru dimulai Juni sampai sekarang sudah ada 1.700 sambungan baru.”Target kita sampai Desember itu 95 ribu pelanggan masih kurang seribu lagi,” sebutnya. (din)