Breaking News
Home >> Utama >> Ancaman dari Sang Mantan
KAWAN JADI LAWAN: Kehadiran Robin Van Persie (kiri) yang sempat dua musim bersama Juan Mata dan Wayne Rooney di United bisa jadi menimbulkan kesulitan bagi Setan Merah.
KAWAN JADI LAWAN: Kehadiran Robin Van Persie (kiri) yang sempat dua musim bersama Juan Mata dan Wayne Rooney di United bisa jadi menimbulkan kesulitan bagi Setan Merah.

Ancaman dari Sang Mantan

Manchester United vs Fenerbahce

MANCHESTER – Robin Van Persie sempat jadi pujaan publik kota Manchester saat memperkuat Manchester United selama tiga musim sejak 2012 hingga 2015, menorehkan 48 gol untuk The Red Devils bahkan salah satu gol yang dicetaknya ke gawang Aston Villa di tahun 2013 dicatat sebagai gol terbaik dalam sejarah Premier League.
Meski rasa hormat masih disematkan United kepada Van Persie, namun semua itu harus dilupakan saat Fenerbahce datang ke Old Trafford Jumat (21/10) dinihari nanti pada matchday ketiga Europa League Grup A. Ya, sang mantan kini memperkuat klub asal Turki tersebut dan sudah menorehkan 16 gol musim lalu plus satu gol di awal musim ini di Super Lig.
Inilah lawan paling tangguh yang harus dikalahkan Zlatan Ibrahimovic dkk dan kemenangan jadi harga mati bagi tuan rumah kalau tidak ingin terlempar dari persaingan lolos ke 32 Besar.
Dibandingkan dengan Feyenoord maupun Zorya Luhansk, komposisi pemain Fenerbahce terbilang paling apik. Tim asuhan Dick Advocaat itu diperkuat beberapa mantan pemain Premier League. Bahkan Advocaat sendiri juga pernah berkarir di Inggris. Oleh karena itulah Jose Mourinho harus ekstra hati-hati saat menjamu wakil Turki tersebut.
United masih tertahan di posisi tiga dengan koleksi tiga angka sementara Fenerbahce di posisi teratas dengan empat angka. “United akan melakoni pertandingan kontra Fenerbahce dan jika kalah tekanan akan menghampiri mereka. kemenangan wajib mereka dapatkan,” ucap Ryan Giggs, mantan gelandang United.
United sejatinya belum menemukan performa terbaik, namun dalam lima pertandingan terakhir di semua ajang mereka belum terkalahkan. Di pertandingan terakhirnya mereka bermain imbang 0-0 lawan Liverpool di Anfield. Di Liga Europa sendiri, Setan Merah juga tak tampil terlalu istimewa. Mereka kalah 1-0 di laga perdana di kandang Feyenoord dan menang 1-0 saja lawan Zorya di Old Trafford.
Jose Mourinho bisa jadi bakal melakukan rotasi pemain di laga ini, apalagi di pertandingan berikutnya United harus bersua dengan Chelsea. Wayne Rooney kemungkinan dipasang sebagai starter dan mengistirahatkan Ibra, begitu pula Paul Pogba. Michael Carrick dan Juan Mata bisa dipasang bersama Jesse Lingard.
Sementara tim tamu dalam tren negatif di liga. Mereka terpuruk di posisi sembilan namun tangguh di Eropa. Empat alumnus Premier League ada di tim mereka, yaitu Martin Skrtel (Liverpool), Jeremain Lens (Sunderland). Van Persie dan sang pelatih sendiri, Dick Advocaat. “Normalnya United akan mengalahkan kami, namun kami bisa memberi mereka perlawanan sengit. Itu akan terjadi, lihat saja nanti,” kata Advocaat. “Tidak ada beban untuk melawan United dan jika kami tampil terorganisir tentu mereka akan kesulitan,” tegasnya. (bbc/mar)