Home >> Samarinda >> APBD 2017 Disahkan, Nilainya Rp1,7 Triliun

APBD 2017 Disahkan, Nilainya Rp1,7 Triliun

SAMARINDA – APBD murni Samarinda untuk tahun 2017 mendatang akan disahkan dalam rapat paripurna DPRD Samarinda di rumah jabatan Walikota Syaharie Jaang Jl S Parman. Ketua DPRD Samarinda Alphad Syarif menyebutkan nilai APBD murni 2017 senilai Rp 1,7 Triliun.
“Nilai APBD di 2017 hanya Rp1,7 Triliun lebih sedikit, tapi kalau ditambah dengan jumlah DAK (Dana Alokasi Khusus) dan DAU (Dana Alokasi Umum) totalnya mencapai Rp2 triliun,” jelas Alphad.
DAK yang ada saat ini Rp98 miliar dan sangat menurun dratis dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp400 miliar. Karena itu Alphad berharap dengan anggaran yang sangat minimal, pembangunan di Samarinda tetap bisa terlaksana. “Anggaran memang defisit, tapi bukan berarti tidak bisa membangun. Pemkot sendiri akan memaksimalkan untuk penanggulangan banjir,” imbuhnya.
Sementara untuk Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) tahun 2017 saat ini belum disahkan karena prosesnya masih berjalan untuk penyusunan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang baru.
Menanggapi hal ini Alphad mengatakan tidak ada permasalahan karena ia sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagari). “Tidak ada masalah kalau harus mengesahkan APBD, jadi proses penyesuaianya sambil berjalan sambil menunggu nomenklatur (penamaan) instansi yang baru,” imbuhnya. (ms315)