Home >> Uncategorized >> APBD Samarinda akan Disahkan 30 November
Sugeng Chairuddin
Sugeng Chairuddin

APBD Samarinda akan Disahkan 30 November

SAMARINDA – Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pembangunan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Samarinda tahun 2017, telah ditandangani oleh walikota Samarinda dan pihak Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Samarinda. rencananya, APBD tersebut nantinya akan disahkan pada 30 November 2016 mendatang.
“APBD 2017 itu tadi sudah ditandatangani nota kesepakatannya, akan diresmikan tangal 30 nanti,” ujar Kepala Bappeda yang juga Assisten II Sekkot Samarinda Sugeng Chairudin.
Sedangkan untuk besaran APBD 2017 Samarinda adalah sekitar Rp2 triliun. “Angka 2 triliun itu sudah termasuk bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK). Dengan rincian 98 miliar untuk infrastruktur dan pengairan,” katanya.
Angka Rp 2 triliun tersebut tentu merupakan sebuah penurunan yang cukup derastis. Pasalnya tahun lalu, APBD Kota Samarinda berada di angka Rp 3,2 triliun. Namun demikian dengan penurunan tersebut, Sugeng menyampaikan Samarinda masih akan bisa melakukan belanja daerah, dan pembangunan.
“Tentunya dengan penyesuaian belanja pegawai, untuk itu Bappeda Samarinda juga telah memberikan pendampingan teknis mengenai penyusunan Rencana Strategis (Renstra) di masing-masing SKPD, salah satu tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi agar efisiensi dapat ditangkap oleh semua SKPD,”paparnya.
Meskipun sempat diragukan, namun Sugeng optimis APBD bisa disahkan sesuai target.“Jelas bisa kita sahkan akhir bulan ini sesuai dengan deadline yang ditentukan oleh pemerintah pusat,” kata Sugeng.
Hal tersebut cukup beralasan, karena selain nota keuangan telah ditandatangani, Nota Kesepakatan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) juga telah ditandatangani pada Paripurna DPRD Samarinda Jumat (25/11) lalu. (adv/rs616)