Breaking News
Home >> Teknologi >> Apple Bersih-bersih App Store
foto-bawah-opening_1

Apple Bersih-bersih App Store

APPLE sedang “bersih-bersih” di App Store. Raksasa teknologi asal AS itu baru saja menghapus puluhan ribu aplikasi yang tak terurus lagi oleh pengembang (developer)-nya.
Menurut data dari lembaga riset Sensor Tower, jumlah aplikasi yang dihapus oleh Apple bulan Oktober lalu sebanyak 47.300. Jumlah tersebut meningkat 238 persen dari bulan sebelumnya. Jumlah penghapusan tersebut bisa dikatakan besar untuk ukuran Apple.
Pasalnya, per bulan, Apple biasanya hanya menghapus 14.000 aplikasi. Apple sendiri tidak membeberkan alasan penghapusan aplikasi tersebut. Menurut Sensor Tower, kemungkinan aplikasi tersebut dihilangkan dari App Store karena sudah lama tidak diperbarui.
Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Jumat (18/11), nyaris setengah dari aplikasi yang dihapus sudah tidak diperbarui sejak Mei 2015. Sedangkan 25,6 persen aplikasi bahkan sudah didiamkan saja oleh pihak developer sejak November 2013 lalu.
Game menjadi kategori yang paling banyak dihapus oleh Apple dalam gerakan bersih-bersih kali ini. Sebanyak 28 persen dari keseluruhan penghapusan berasal dari kategori tersebut. Sisanya, kategori yang dihapus berasal dari Entertainment (8,99 persen), Books (8,96 persen), Edukasi (7 persen), dan Lifestyle (6 persen).
Apple membeberkan saat ini sudah ada lebih dari 2 juta aplikasi di App Store. Sementara dalam setiap minggunya, ada sekitar 100.000 aplikasi yang didaftarkan.
Jumlah aplikasi yang ada di App Store sendiri kini sudah membengkak semenjak Juli 2009, waktu App Store masih berumur satu tahun. Kala itu, aplikasi yang beredar hanya sejumlah 50.000-an. (kcm)