Breaking News
Home >> Gaya hidup >> Arisan, Cara Dapatkan Barang Mahal

Arisan, Cara Dapatkan Barang Mahal

ARISAN masih jadi kegemaran tersendiri bagi kalangan ibu rumah tangga. Tidak hanya itu, arisan juga kerap dilakukan antarekan kerja, bahkan di tengah keluarga besar. Ragam bentuk arisan bisa dilakukan, tidak cuma arisan uang. Seperti arisan barang, yang kini mulai digemari ibu rumah tangga di kota raja Tenggarong, Kutai Kartanegara.
Arisan barang ini seakan sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi kaum ibu. Mereka menggemari arisan barang, dengan alasan mereka bisa mendapatkan barang yang diinginkan, yang berharga tidak murah.
Selain menambah keakraban antarkerabat, arisan barang ini ternyata juga membantu para IRT memenuhi peralatan rumah tangga, tanpa perlu merogoh kocek lebih dalam. Namun arisan ini secara umum, nyaris mirip dengan kredit.
Jumiati, salah satu etua arisan barang mengatakan, mengadakan arisan barang di kalangan teman sekantor, bisa membantu para ibu memenuhi kebutuhan rumahnya, dengan tiap bulan hanya membayar Rp 100 ribu, dan dikocok setiap bulannya. Diantaranya yang bisa didapatkan berupa sofa, kasur matras, seprei, ambal, panci dan lain-lain.
“Kalau biasanya kita arisan barang seperti ambal, sama panci dengan jumlah anggota arisan minimal 8 – 10 orang. Biasanya dibayar di awal,” kata dia, kepada Koran Kaltim, Kamis (1/12).
Pembayaran disepakati setiap awal bulan misalnya tanggal. Nah, pada hari yang sama, pemenang arisan akan mendapatkan barang yang menjadi kesepakatan.
“Kalau begitu, apakah kita sebagai penyelanggara harus membeli barang duluan dong dan keluar modal? Tidak karena modelnya begini, saat tanggal 1 kan sudah pasti akan ada barang yang harus dibeli. Kita tunggu dana terkumpul dari ibu-ibu, setelah itu kita belanja atau lakukan pemesanan. Via telpon misalnya dan uangnya kita transfer,” demikian disampaikan Jumiati. (yul1116)