Published On: Ming, Mei 19th, 2013

Asal Tebang Pohon Bisa Dipidana 3 Bulan Penjara

BALIKPAPAN– Hati-hati bagi masyarakat Balikpapan jika sembarangan menebang pohon, khususnya yang berada di pinggir jalan. Pasalnya,  jika salah menebang, siap-siap ancaman kurungan dan denda sudah menanti, sesuai Peraturan Daerah (Perda) yang berlaku.
“Itu sudah diatur dalam Peraturan Daerah tentang larangan menebang pohon di sepanjang jalan-jalan protokol,” kata Kabag Humas dan Protokoler Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana.
Menurutnya, sanksi pidana yang dikenakan bagi mereka yang menebang pohon sembarangan, yakni tiga bulan menjalani kurungan.  “Sesuai yang tertera dalam Perda itu ancamannya tiga bulan penjara, kalau menebang sembarangan, itu jelas sekali,” ujarnya.
Selain hukuman penjara, kata Sudirman, juga atur sanksi denda bagi pelaku yang menebang pohon sembarangan. “Jadi mereka harus menganggati sesuai pohon yang ditebang rata-rata kan pohon yang dipinggir jalan khususnya itu mahal bisa Rp5 juta bahkan bisa sampai Rp15 juta. Sesuai dengan diameter pohon,” imbuhnya.
Selama ini, kata Sudirman, sudah pernah ada masyarakat yang dituntut pidana. Beruntung, tidak sampai menjalani hukuman penjara hanya denda ganti rugi. “Sudah ada tapi dia hanya ganti rugi sebesar Rp5 juta,” bebernya.
Kasus itu, kata dia, cukup menarik perhatian masyarakat Kota Balikpapan. Pelaku justru bukan menebang, tapi mematikan pohon tersebut. “Jadi dia menyiram racun, sehingga pohon itu kemudian mati, lalu kita tuntut, untungnya dia hanya kena ganti rugi,” ujarnya.
Dalam kasus yang terjadi beberapa waktu lalu itu, pelaku yang merupakan pemilik salah satu usaha di Jalan Sudirman, terpaksa mematikan pohon yang tumbuh di depan toko miliknya. Dia menganggap keberadaan pohon itu telah menganggu usahanya. (din)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web