Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Awang Faroek: Jangan Ditunda Lagi!

Awang Faroek: Jangan Ditunda Lagi!


korankaltim
korankaltim
2016-10-10 05:35:08
Februari 2017, Pancang Perdana Jembatan Balikpapan-PPU



PENAJAM – Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak menegaskan pembangunan jembatan tol teluk Balikpapan menghubungkan Melawai Kota Balikpapan dan Nipah-nipah di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tidak boleh ditunda pengerjaannya. Karena, proyek tersebut telah mendapat sinyal positif dari Presiden Joko Widodo, agar jembatan tersebut dimulakan tanpa acara seremonial pemancangan tiang perdana. Hal itu menilik hasil pembajasan jembatan berlangsung Kamis (6/10) di Hotel Grand Hyatt, Jakarta. Turut HadirDirektur Utama PT Waskita Karya Herwidiakto, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan pejabat terkait di Balikpapan, PPU dan Pemprov Kaltim.

“Pak Awang meminta proyek jembatan Balikpapan-PPU jangan ditunda. Karena, Presiden sudah memberi sinyal tak perlu acara pemancangan perdana,” kata Bupati PPU, H Yusran Aspar, kepada Koran Kaltim, Ahad (9/10).

Bahkan, gubernur Kaltim telah menargetkan pada bulan Februari 2017 mendatang, menjadi waktu pemancangan tiang perdana jembatan tol teluk Balikpapan sudah dilaksanakan.

“Gubernur meminta proyek jembatan ini jangan ditunda-tunda lagi. Bulan Februari 2017 akan dimulai pemancangan perdana bersamaan pembangunan dua bandar udara di Samarinda,” tutur Yusran lagi.

Untuk diketahui kata Yusran, gubernur Kaltim mengungkapkan setiap saat pelaksanaan pembangunan di Kaltim selalu dimonitor Presiden Jokowi. Bahkan, Presiden meminta laporan jika pelaksanaan berbagai proyek menghadapi kendala, termasuk proyek jembatan tol teluk Balikpapan.

“Tidak ada lagi pihak yang dapat persulit atau tidak mengizinkan pembangunan jembatan tersebut. Karena, pembangunan jembatan tol teluk Balikpapan ini sudah mendapat persetujuan dari Presiden dan Wakil Presiden. Pertemuan itu sudah mendekati final. Berbagai opsi terkait jembatan sudah disetujui bersama,” tegas Yusran mengutip ucapan gubernur.

Usai pertemuan, jajaran Pemprov Kaltim, PT WK, Pemkot Balikpapan dan Pemkab PPU langsung bertemu Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) untuk membahas jembatan dimaksud.

Meski hingga kini Pemkab PPU temui kendala. Namun, pada prinsipnya pembangunan jembatan merupakan harapan masyarakat. Karena memberi manfaat bagi orang banyak.

Sementara itu, konsultan perencana PT Lapi Ganesatama Consulting telah menyusun fisik desain terhadap rencana pembangunan jembatan tersebut. Dari kegiatan dilaksanakan itu, masih ada beberapa masalah belum diselesaikan, sehingga perlu kesepahaman bersama.

Pasalnya, jembatan tol teluk Balikpapan merupakan jembatan terpanjang di Indonesia yang diperkirakan menjadi icon di Kaltim. Sesuai gambar skema, diatas jembatan terdiri dua jalur kanan dan kiri, masing masing memiliki tiga lajur. Sehingga jumlah seluruhnya enam lajur.

Selain itu, jembatan akan dilengkapi lajur bagi pengendara roda dua dan lajur pejalan kaki. Diprediksi, pembangunan jembatan akan rampung hingga lima tahun. “Jika tiang perdana dimulai awal 2017, jembatan tol teluk Balikpapan akan digunakan pada tahun 2022,” tambahnya. (nav)

loading...

baca LAINNYA