Published On: Rab, Jun 12th, 2013

Awas, Jangan Ada Pungutan di PSB

SAMARINDA – Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Safuad menegaskan pihaknya akan mengawasi masa penerimaan siswa baru (PSB) tahun ajaran 2013-2014 mendatang. Baik tingkat sekolah dasar (SD), SMP dan SMA/ sederajat. Komisi yang membidangi pendidikan ini mendesak pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan, mengeluarkan surat edaran kepada seluruh kepala sekolah negeri. Isinya, tidak memberlakukan pungutan dengan dalih apapun.
Jika ada laporan masyarakat yang menyoal masalah pungutan, Komisi IV DPRD Kaltim akan turun tangan. Apabila terbukti, dewan akan mendesak Kepala Dinas untuk mencopot kepala sekolah.
Hal tersebut ditegaskan anggota Komisi IV DPRD Kaltim asal fraksi PDI Perjuangan Kaltim, Safuad kepada Koran Kaltim, belum lama ini. “Saya sebagai wakil rakyat mengingatkan kepada pemerintah melalui SKPD Disdik Kaltim serta Disdik Kabupaten dan kota serta kepala sekolah agar tidak melakukan pungutan saat penerimaan siswa baru. Dengan dalih apapun, pungutan tidak diperkenankan. Pasalnya baik pemerintah pusat melalui dana APBN, maupun Pemerintah Provinsi, kabupaten dan kota sudah mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen pada APBD-nya masing-masing. Jadi anggaran yang begitu besar, hendaknya dapat digunakan untuk memberikan subsidi bagi siswa baru,” jelas politisi asal Dapil Bontang, Kutim dan Berau.
Kalau perlu, sambung Safuad, biaya pendidikan di Kaltim gratis untuk sekolah negeri, apalagi bagi warga yang tidak mampu harus gratis, agar tak ada anak  putus sekolah. “Saya mengingatkan agar Kepala Sekolah jangan menjadikan Komite Sekolah sebagai alat untuk melakukan pungutan. Jika ada kebutuhan untuk pengembangan sarana dan prasarana diperlukan, ajukan ke Disdik agar bisa dialokasikan anggarannya, agar tak lagi membenani orangtua siswa,” tandasnya. (sua)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web