Breaking News
Home >> OTOMOTIF >> Balapan Mobil Robot Segera Terwujud

Balapan Mobil Robot Segera Terwujud

MARRAKESH – Mobil balap otonom, DevBot, akhirnya diuji coba di trek jalan raya Formula E di Marrakesh, Maroko. DevBot sukses diuji selama 30 menit.
Kendaraan prototipe bertenaga listrik itu diuji coba untuk menghadapi seri ajang balap mobil robot, Roborace. Ke depan, ajang balap Formula juga akan diramaikan dengan kendaraan tak bersopir.
CEO Formula E Alejandro Agag memprediksi ke depannya balapan mobil akan menjadi semakin radikal. Mobil-mobil bermesin konvensional Formula One (F1) akan menghadapi tantangan dari mobil ramah lingkungan.
“Kami pikir waktunya sudah tiba, teknologinya sudah siap dan lebih mendukung untuk lingkungan,” ungkap Alejandro, seperti dikutip dari MailOnline.
Sementara itu, Justin Cooke dari Roborace mengatakan, pengujian mobil balap otonom DevBot di trek balap Formula E merupakan yang pertama kalinya. “Ini merupakan kali pertama kami menguji DevBot di jalan tengah kota yang juga dijadikan trek balap Formula E. Pengujian yang luar biasa dari hasil kerja keras selama ini,” ujar Cooke, dikutip dari CNN.
Para ahli, lanjut dia, sudah bangun sejak pukul 1 atau 2 dini hari untuk mengembangkan sebuah teknologi kendaraan tercepat sekaligus paling ramah lingkungan yang tidak mampu dilakukan orang lain.
DevBot dilengkapi dengan beberapa jenis sensor, GPS, radar, serta perangkat ultrasonic, untuk membantu membaca kondisi dan menghindari rintangan di lintasan balap. “Apa yang kami lakukan adalah membuat teknologi paling canggih saat ini,” pungkasnya.
Selanjutnya, Roborace akan menguji dua mobil balap otonom di waktu dan trek yang sama. Sampai pada akhirnya akan ada 10 mobil balap otonom yang melaju bersamaan di satu lintasan. (okc)