Home >> Nasional >> Bali Gelar Ikrar Nusantara Bersatu

Bali Gelar Ikrar Nusantara Bersatu

DENPASAR – Bali menggagas kegiatan doa bersama demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Rabu (30/11) hari ini,di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Renon. Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Cokorda Ngurah Pemayun mengatakan kegiatan ini sangat positif untuk memperkuat semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
“Kegiatan ini akan menyatukan seluruh elemen. Dengan semangat kebhinekaan, mari kita jaga keutuhan NKRI,” kata Pemayun, kemarin.
Pemayun meminta seluruh komponen mewaspadai gerakan yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia dan berpotensi menganggu kondusivitas. Bali sebagai daerah tujuan wisata dunia juga sangat rentan terhadap isu yang terkait dengan faktor keamanan.
Danrem 163/Wirasatya, Kolonel Infanteri I Nyoman Cantiasa mengatakan ada sejumlah isu nasional yang berkembang belakangan ini. Pertama, kasus dugaan penistaan agama yang saat ini tengah ditangani pihak berwajib. Kedua, berbagai informasi di media sosial yang tak bertanggung jawab semakin memperburuk keadaan. “Kegiatan yang akan digelar serentak di seluruh Indonesia ini harapannya mampu menguatkan semangat nasionalisme untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan,” katanya.
Ikrar Nusantara Bersatu akan melibatkan 13.500 peserta dari unsur TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), siswa, pramuka, organisasi kemasyarakatan (ormas), dan masyarakat itu sendiri. Kegiatan ini akan diisi orasi kebangsaan, pembacaan puisi, tarian kolosal yang mengusung tema kebhinekaan, doa bersama dan parade lagu kebangsaan. Orasi kebangsaan antara lain akan disampaikan oleh perwakilan tokoh lintas agama, perwakilan pemuda, dan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika.(rol)