Breaking News
Home >> Headline >> Balikpapan Ikut Kompetisi Sinapadik

Balikpapan Ikut Kompetisi Sinapadik

BALIKPAPAN – Akta kematian online yang merupakan produk sistem manajerial terpadu administrasi pelayanan kelurahan atau Simantap terpilih mewakili Balikpapan untuk mengikuti kompetisi inovasi pasca diklat (Sinopadik) lingkup regional Kalimantan tanggal 24-26 Oktober mendatang di Bulungan, Kaltara.
“Akte Kematian online berhasil lolos ketingkat regional kalimantan. Sebelumnya kita telah lolos seleksi ditingkat Provinsi Kaltim,” ujar Sekretaris Lurah Klandasan Ilir, Umar Adi, pekan kemarin.
Simantap akta kematian merupakan inovasi yang digagas Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota dan diterapkan di seluruh kelurahan di Balikpapan.
Lanjut dikatakan Adi, saat ini pihaknya sedang membuat terobosan baru, dengan membentuk pengurus pemakaman di kelurahan.
“Setelah formulir akta kematian bisa diperoleh dari kelurahan, untuk keseragaman data. Maka formulir pemakaman bisa diisi di kelurahan. Kami sudah koordinasi dengan dinas catatan sipil dan dinas kebersihan pertamanan dan pemakaman (DKPP) Balikpapan,” ungkapnya.
Selain itu, akta kematian juga terkait pengurusan asuransi kematian yang libatkan pihak perbankan atau asuransi, karena berhubungan dengan kepentingan ahli waris.
“Hal ini dilakukan untuk permudah pelayanan dan harapannya masyarakat mau mengurus akta kematian,” tandasnya.
Diketahui, Sinopadik adalah program evaluasi pascadiklat kepemimpinan dilaksanakan pusat kajian dan pendidikan dan pelatihan aparatur (PKP2A) digelar kantor LAN Samarinda.
Tujuan program ini mendorong dan meningkatkan semangat para alumni dan instansi asal alumni untuk melanjutkan inovasi, proyek perubahan yang telah digagas saat mereka ikut diklat kepemimpinan. (din)