Kamis, 07/12/2017

Stok Masih Aman Sampai 5 Bulanan

Kamis, 07/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Stok Masih Aman Sampai 5 Bulanan

Kamis, 07/12/2017

BALIKPAPAN – Badan Urusan Logistik Divisi Regional Kaltim dan Kaltara memastikan, stok Raskin PSO atau Public Service Obligation (PSO) di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara masih aman dalam waktu kurang dari 6 bulan kedepan. Bulog sendiri telah merencanakan penyaluran beras PSO sebanyak 2.410 ton tiap bulan.

“Kalau untuk ketahanan beras komersial, cuma sampai sebulan ke depan, dengan rencana penyaluran 377 ton tiap bulan,” kata

Kepala Bulog Divisi Regional Kaltim-Kaltara Muhammad Anwar, kemarin.

Dijelaskan Anwar, suplai beras masih mengandalakan 2 derah seperti Sulawesi Selatan dan Jawa Timu. Namun disayangkan, untuk penyerapan beras pada tahun ini, tidak mencapai target. Sebabm dari 15.500 ton, penyerapan masih kurang dari 20 persen target 2017.

Sementara, kebutuhan beras PSI, cukup tinggi tercatat di Tanjung Redeb Kabupaten Berau, di Balikpapan, Samarinda dan Tarakan di Kalimantan Utara, hingga Tanah Grogot di Kabupaten Paser.

“Untuk saat ini, ketersediaan beras hingga Desember 2017 saja melebihi 12 ribu ton. Sementara jumlah kebutuhan masyarakat terhadap beras sejak bulan lalu mencapai lebih 25 ribu ton,” sebutnya.

Di wilayah Kaltim lanjutnya hanya dua wilayah yakni Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Barat, yang menjadi lumbung beras utama di Kaltim dan Kaltara. Namun sayang, beras dari daerah itu, cuma mampu menopang kebutuhan lokal saja. “Kalau surplus, cuma bisa sedikit berimbas ke daerah sekitarnya. seperti Balikpapan,” terangn Anwar.

Terkait bencana alam yang terjadi di beberapa daerah penghasil komoditas pangan dalam beberapa waktu terakhir ini juga menjadi kekhawatiran tersendiri, terkait angka pasokan.

Dari 11 komoditas utama Bulog selain beras, lima komoditas menjadi perhatian utama seperti gula pasir, daging sapi,  bawang dan minyak goreng. “Tapi masih aman sampai akhir tahun. Kecuali minyak goreng,” ujarnya.

Dia menyebutkan preferensi minat pasar yang terus bertumbuh membuat pihaknya juga harus melakukan stabiliasi harga.

Salah satu  mengendalikan harga bahan makanan melalui Rumah Pangan Kita (RPK).

Sejak 2015 silam, khusus  Balikpapan, telah tersedia 292 unit RPK, dan tersebar di 34 kelurahan. “Ke depan kami target setingkat RT memiliki satu RPK, membantu stabilitas harga dalam menunjang kerja tim pengendali inflasi daerah,” tukasnya Anwar. (din)


Stok Masih Aman Sampai 5 Bulanan

Kamis, 07/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.