Rabu, 13/12/2017

Pelebaran Jalan Suprapto Beres 2019

Rabu, 13/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Pelebaran Jalan Suprapto Beres 2019

Rabu, 13/12/2017

BALIKPAPAN - APBD 2018 dipastikan menyiapkan kelanjutan pelebaran pembangunan Jalan R Soeprapto, Kampung Baru, Balikpapan Barat. Pemkot dan DPRD melalui badan anggaran (Banggar) menyepakati dana Rp 4 miliar untuk pembebasan lahan Jalan Letjen Suprapto, Balikpapan Barat.

Anggota Banggar DPRD Balikpapan Baharuddin Daeng Lalla mengatakan, dana senilai Rp4 miliar baru digunakan untuk pembebasan lahan bagi pelebaran jalan, sepanjang 1 kilometer.

“Itu lanjutan untuk pelebaran Jalan R Soeprapto sisi kiri sepanjang 1 kilometer. Kalau lebarnya 12 meter. Ya bertahap lah, pembebasan lahan jalan dulu. Nanti setelah itu pelebaran 2019,” kata dia, kemarin.

Diterangkan, sejatinya anggaran pembebasan lahan jalan itu juga dialokasikan di APBD 2017 ini sebesar Rp2 miliar. Kemudian dilanjutkan di 2018 sebesar Rp4 miliar.

“Kalau pembebasan tuntas, maka diharapkan di 2019 fisik jalan itu sudah mulai dikerjakan,” harapnya.

Dia menyebut dana keseleruhan untuk pembebasan lahan sepanjang dua kilometer Jalan Soeprapto ke arah barat ini membutuhkan dana sekitar Rp12 miliar. Hanya pelaksanaan pembebasan lahan untuk pelebaran Jalan Letjen Suprapto dilakukan secara bertahap. Pada tahun 2015-2016 pelebaran jalan sudah dilakukan sepanjang satu kilometer.

“Sebenarnya sisi kiri sudah selesai dibebaskan termasuk pekerjaan fisiknya sepanjang dua kilometer. Ini kami lakukan secara bertahap di 2018 satu kilometer lalu di 2019 fisik dimulai. Tahun berikutknya, dilanjutkan lagi sisa pembebasan lahannya,” jelasnya.

Daeng juga menjelaskan, menilai pelebaran jalan itu menjadi prioritas karena mampu mengurai kepadatan kendaraan di wilayah itu. “Kita lihat sendiri di jalan itu sudah padat kendaraan. Jadi memang menjadi proyek prioritas kami, supaya akses jalan lancar,” sebutnya.

Anggota DPRD lainnya Dapil Balikpapan Barat dari Nasdem Maulidin mendukung kelanjutn pembebasan lahan jalan itu. Sebab jalan itu juga menjadi akses bagi masyarakat dari PPU ke Balikpapan, melalui pelabuhan speedboat.

“Jalan Suprapto sekarang sudah macet dan memang harus dilebarkan. Maka saya menginginkan jalan itu disejajarkan dengan jalan di kecamatan lainnya,” kata Maulidin.

“Apalagi jalan itu menjadi pintu gerbang bagi warga Penajam, Paser dan Grogot, melalui pelabuhan Feri maupun klotok, di kawasan Kampung Baru,” demikian Maulidin. (din)


Pelebaran Jalan Suprapto Beres 2019

Rabu, 13/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.