Senin, 25/12/2017

Jelang Tahun Baru, Jagung Jadi Rp4 Ribu

Senin, 25/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Jelang Tahun Baru, Jagung Jadi Rp4 Ribu

Senin, 25/12/2017

BALIKPAPAN – Menjelang pergantian malam tahun baru, harga komoditas jagung manis merangkak naik. Saat ini harga jagung manis di Pasar Tradisional, per buahnya sudah mencapai Rp4.000. Namun demikian, berbeda lagi dengan jagung manis yang masih terbungkus kulit.

“Biasanya perbiji itu Rp2.500, kalau sekarang Rp4000 yang sudah dikupas. Kalau belum kupas Rp5.000 perbijinya,” kata Iman, yang sehari-hari berjualan sayuran di pasar Klandasan.

Menurutnya, dari petaninya harga jagung memang sudah naik. Hal ini wajar karena menjelang tahun baru, harga yang diberikan dari tingkat petani, memang sudah naik.

“Saya jual jagung sesuai modal saja. Perlunya saja nggak perlu stok banyak karena kan saya jual lainya,” ujar Iman.

Di Balikpapan, petani jagung telah mengatur masa tanam dengan masa panen. Tidak heran jika menjelang perayaan Tahun Baru 2018, jagung-jagung selalu tersedia.

Bahar (40) seorang petani jagung di Balikpapan TImur mengaku panen jagung dalam setahun mencapai 4 kali dengan masa tanam hanya 60 hari atau dua bulan. Warga RT 28 Desa Gunung Bubukan, Kelurahan Teritip Kecamatan Balikpapan Timur memiliki luasan tanaman jagung sekitar 0,25 hektar.

“Insya Allah akan kita panen tepat pada tanggal 30 Desember 2017 nanti. Itu setelah 60 hari tanam kita panen. Jadi ada 4 kali panen jagung,” kata Bahar.

“Karena biasanya kebutuhan saat Tahun Baru untuk jagung manis meningkat. Jadi kami sesuaikan masa tanamnya dengan kebutuhan,” sambungnya.

Seperti biasa, permintaan jagung yang tinggi akan dibarengi dengan harga jual jagung yang cukup tinggi. Bahar menjual jagung satuan atau bisa juga perkarung dengan isi 150 jagung. 

“Luasan tanaman jagung hanya 0,25 hektar saja. Hasilnya lumayan ada 10 karung jagung kita jual sudah pembelinya,” tuturnya.

“Satu karung itu kalau  mendekati tahun baru harganya sekitar Rp300 ribu, tapi kalau hari biasa ya kurang dari itu harganya. Satu karung itu harganya ada 150 biji. Kadang kita juga jual 10 biji itu 30 ribu, karena ada juga yang beli langsung ke petani,” jelasnya.

Diakui Bahar, kenaikan harga jagung cukup lumayan hanya dirasakan petani mendekati perayaan tahun baru. Keuntungan itu, tidak dirasakan saat hari biasa.

“Ya kan untungnya saat mendekati tahun baru saja. Sedangkan hari biasa harga normal,”bebernya.

Biasanya bila panen tiba sudah ada tengkulak yang datang, tengkulak ini menurut Bahar merupakan teman-temannya juga yang dikenal baik. (din)


Jelang Tahun Baru, Jagung Jadi Rp4 Ribu

Senin, 25/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.