Selasa, 16/01/2018

Masih Kekurangan 30 Ribuan Vaksin Difteri

Selasa, 16/01/2018

PEMBERIAN vaksin difteri kepada orang dewasa.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Masih Kekurangan 30 Ribuan Vaksin Difteri

Selasa, 16/01/2018

logo

PEMBERIAN vaksin difteri kepada orang dewasa.

BALIKPAPAN - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, masih kekurangan sekitar 30 ribu vaksin difteri untuk usia 0-1 tahun, usia 1-5 tahun dan 5-7 tahun serta usia 7-19 tahun. Vaksin merupakan bantuan dari pemerintah pusat itu, dan didatangkan secara bertahap.

Kepala DKK Balikpapan Balerina mengatakan, pengiriman secara bertahap itu, juga disebabkan ruang penampungan vaksin, yang juga terbatas.

“Kita menunggu dan Kementerian Kesehatan pasti memberi sesuai dengan permintaan. Cuma kemampuan tempat penyimpanan, cold storage kita kecil. Jadi pengirimannya harus bertahap,” kata dia, kemarin.

Dia menerangkan, DKK juga kembali menemukan 4 pasien baru suspect atau dicurigai Difteri. Sebelumnya pada awal Januari 2018 lalu, juga ada 2 pasien suspect.

Saat ini keenam pasien itu baru dinyatakan secara uji mikroskopis positif, dan belum positif Kultur yang hasilnya baru  diketahui dari pemeriksaan laboratorium di Surabaya.

Dijelaskan Balerina, meski secara mikroskopis positif difteri, bukan berarti 100 persen positif, melainkan memang harus diuji lagi pemeriksaan kultur.

“Biasanya dari mikroskopis pertama juga harus menunggu hasil pemeriksaan kultur. Kita terapi. Kalau negatif maka pasien bisa dipulangkan,” ungkap Balerina.

Keenam warga Balikpapan ini saat ini masih di ruang isolasi Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo. Dia berharap hasil kultur nantinya dari Surabaya, menyatakan negatif. “Sekarang masih menunggu hasilnya,” ujarnya.

Pada pekan kemarin, Dinas Kesehatan Kota melakukan vaksinasi secara massif di daerah terdampak di Balikpapan Barat. Selanjutnya pada minggu ini, akan melakukan vaksinasi ke setiap sekolah. “Kita bersurat dulu ke Dinas Pendidikan, untuk pelaksanaan vaksin terhadap anak didik di usia 7 sampai 19 tahun,” ungkapnya.

DKK, kata Balerina, belum membuka program vaksinasi Difteri untuk orang dewasa. Karena saat ini vaksin yang tersedia untuk anak bayi hingga umur 19 tahun. “Vaksin yang ada di kami itu dari pemerintah. Kalau vaksin untuk dewasa biasanya mandiri, yang bisa dilakukan ke dokter spesialis. Tapi saya tidak tahu berapa biayanya,” tukas  Balerina. (din)


Masih Kekurangan 30 Ribuan Vaksin Difteri

Selasa, 16/01/2018

PEMBERIAN vaksin difteri kepada orang dewasa.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.