Senin, 03/07/2017

Daging Jadi Rp95 Ribu, Bawang Turun Naik

Senin, 03/07/2017

SALAH satu pedagang di Pasar Klandasan.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Daging Jadi Rp95 Ribu, Bawang Turun Naik

Senin, 03/07/2017

logo

SALAH satu pedagang di Pasar Klandasan.

BALIKPAPAN - Sejumlah kebutuhan di pasar tradisional, seperti di Pasar Klandasan, dilaporkan mengalami penurunan harga. Diantaranya seperti daging kini berada di posisi harga Rp95 ribu per kilogram, disusul telur ayam potong, cabai, dan bawang merah.

“Mau lebaran dua hari apalagi sehari, harganya sampai Rp150 ribu per kilogram. Sekarang ini sejak Sabtu lalu cuma Rp95 ribu, kalau rawon Rp110 ribu dan tulang Rp50 ribu per kilogram,” kata salah seorang pedagang daging, Rian (19), kemarin.

Daging yang dijual di Pasar Klandasan berasal dari Gorontalo. Meski harga daging saat lebaran terbilang mahal, namun tetap ramai dibeli konsumen. “Mau lebaran pagi aja kita buka sudah habis. Tapi saya hanya potong seekor. Sekarang ini masih sisa beberapa kilo,” ujarnya.

Begitu juga harga ayam potong, relatif stabil pada lebaran lalu yakni Rp40 ribu-Rp55 ribu. Pada lebaran hari keenam, harga ayam dijual antara Rp38 ribu-Rp45 ribu. ”Yang besar Rp45 ribu, mau lebaran kemarin kita sempat jual 300 ekor. Sekarang hanya 60 ekor saja. Stok kita kurangi. Biasaya kalau minggu begini sepi, pada ke mall, sedikit yang ke pasar. Beda kalau hari kerja, sorenya (di pasar) ramai,” ujar salah seorang pedagang ayam, Baya (50).

Baya yang berjualan lebih dari 10 tahun ini mengaku penjualan ayam potong sejak tiga tahun terakhir, terus mengalami penurunan. “2015 terakhir itu saya sampai jual 500 ayam terjual saat mau lebaran. Sekarang paling tinggi 300 ekor saja,” ujarnya. 

Di pasar Klandasan sendiri, terdapat sekitar 15-16 lapak penjual ayam potong. Penurunan harga juga dialami pada komoditi lainnya seperti cabai, bawang merah, dan bawang putih.   

Cabai keriting kini dijual Rp50 ribu per kg, sedangkan cabai rawit Rp60 ribu. Cabai ini dipasok dari Surabaya dan Palu. “Pas mau lebaran kemarin sampai Rp100 ribu cabai rawit. Kalau keriting Rp70 ribu ,” kata Nana, penjual cabai di Pasar Klandasan. 

Sedangkan bawang putih sempat mencapai Rp80 ribu per kilogram, namun kini harganya bertengger pada harga Rp45 ribu per kilogram. Sementara untuk bawang merah sempat melonjak Rp60 ribu per kg sebelum lebaran. Namun pergerakan harganya fluktuatif, dimana usai lebaran sempat menyentuh harga Rp40 ribu per kilogram, dan saat ini kembali naik Rp45 ribu. (din)

Daging Jadi Rp95 Ribu, Bawang Turun Naik

Senin, 03/07/2017

SALAH satu pedagang di Pasar Klandasan.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.