Jumat, 07/07/2017

Wali Kota Target 2030 jadi Kota Ramah Lansia

Jumat, 07/07/2017

SUASANA pemeriksaan kesehatan gratis kepada Lansia di Dome kemarin.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Wali Kota Target 2030 jadi Kota Ramah Lansia

Jumat, 07/07/2017

logo

SUASANA pemeriksaan kesehatan gratis kepada Lansia di Dome kemarin.

PEMKOT menargetkan di 2030 mendatang, Balikpapan menjadi kota ramah Lansia. Sementara di tingkat nasional, Lansia di Balikpapan juga diharapkan Lansia yang sejahtera.

Menindaklanjuti itu, Wali Kota Rizal Effendi berencana mendirikan kampung Lansia, meski terbentur penentuan lokasi dan ketersediaan anggaran.

“Kalau tahun ini belum bisa. Mungkin, paling cepat, tahun depan lah kita bangun kampung Lansia. Harus direncanakan, dan perencanaannya, dibuat lebih dulu,” kata Rizal, di sela peringatan Hari Lansia di Dome, Kamis (6/7).

Mewujudkan Kampung Lansia, Pemkot saat ini terus mencari lokasi lahan yang tepat. “Ya, kita cari. Apakah di sekitar Jalan Ruhui Rahayu, atau masih perlu kita cari lagi,” ujarnya.

Sejauh ini menurut Rizal, perhatian Pemkot kepada keberadaan Lansia, memang masih kurang lantaran terbentur keterbatasan anggaran. “Kita harus punya program yang lebih produktif lagi, untuk menunjang Lansia,” tambahnya.

Kemarin juga, Rizal menyempatkan menjenguk Lansia yang terbaring sakit di RSUD Kanujoso Djatiwibowo. Dia juga memberikan motivasi kepada pasien Lansia yang sedang dalam perawatan.

Dalam kesempatan yang sama, Pemkot bersama berbagai elemen masyarakat memanjakan lansia Balikpapan. Bertempat di Dome, sekitar 1.000 orang lansia mengikuti kegiatan, dalam rangka Hari Lansia 2017. Kegiatan itu, bertujuan untuk memberikan kebahagiaan, dan kesejahteraan bagi Lansia, agar mereka terus disayangi, dihargai dan dihormati.

Sementara Kepala Dinas Sosial Abdul Azis juga menambahkan, Dinas Sosial saat ini terus memberikan pelayanan kepada Lansia, untuk mempermudah akses Lansia. Diantaranya memberikan layanan kesehatan dan bantuan kursi roda, alat bantu dengar, dan sembako hingga pemberian bantuan asistensi bagi 94 Lansia dari Kementerian Sosial senilai Rp200 ribu per kepala keluarga, selama 10 bulan.

“Kita  juga melibatkan gerakan masyarakat sehat (Germas), beserta dengan pemeriksaan kesehatan kepada sekitar 250 Lansia, bekerjasama denganBlansia 250 orang bekerja sama BPJS  kesehatan,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemkot juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada Lansia di Puskesmas, yang dikordinir kelompok Bina Lansia di tiap kelurahan.

“Pemeriksaan kesehatan ini minimal 6 bulan sekali. Jadi gerakan masyarakat sehat merupakan aktivitas fisik seperti pemeriksaan kesehatan, kampanye makan sayur dan buah . Makanya di sini ada bazar dan pemeriksaan kesehatan,” katanya. (din)


Wali Kota Target 2030 jadi Kota Ramah Lansia

Jumat, 07/07/2017

SUASANA pemeriksaan kesehatan gratis kepada Lansia di Dome kemarin.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.