Minggu, 23/07/2017

25 Ribu Orang Garap Proyek Kilang

Minggu, 23/07/2017

ILUSTRASI kilang PT Pertamina (Persero)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

25 Ribu Orang Garap Proyek Kilang

Minggu, 23/07/2017

logo

ILUSTRASI kilang PT Pertamina (Persero)

BALIKPAPAN - Sekitar 25 ribu pekerja diperkirakan terlibat dalam proyek perluasan kilang Balikpapan. Dari jumlah sebanyak itu, diperkirakan memerlukan tenaga kerja bersertifikasi sekitar 3.000 orang.

Proyek pembangunan kilang berkapasitas produksi 260 ribu barel per hari, nantinya akan menjadi 360 ribu per hari. Proyek itu sendiri diperkirakan akan selesai pada 2019 mendatang.

Sekretaris Disnaker Balikpapan Aspiansyah mengatakan, 25 ribu pekerja ini di dalam juga banyak pekerja non skill. Selain itu, Pertamina sendiri sudah memiliki sub kontraktor tenaga kerja.

Di lapangan, mereka kini mulai pelaksanaan pekerjaan seperti pembongkaran gudang dan workshop serta cut and field Gunung Sepuluh, menggunakan ribuan pekerja. Namun demikian, proyek perluasan kilang sendiri, baru akan dimulai penuh pada akhir 2017 mendatang.

“Informasinya, ada sekitar 4.000 pekerja yang terlibat. Ada juga tenaga-tenaga ahli, terutama operator mesin-masin baru yang belum bisa dioperasikan menggunakan tenaga kita, mereka menggunakan tenaga luar,” ujar Aspiansyah.

Aspiansyah menerangkan, Pertamina juga sudah memiliki sub kontraktor, guna mendukung proyek perluasan kilang.

“Untuk sub kontraktor, sudah dilaporkan ke kita. Pekerja ini memang banyak berasal dari Balikpapan sekitar 82 persen. Sisanya, dari luar Balikpapan,” terangnya.

Terkait rekruitmen tenaga kerja ini, menurutnya Pemkot telah meminta secara resmi agar Pertamina mengumumkan kebutuhan tenaga kerja, dan bidang yang dibutuhkan. Mereka diutamakan mengumumkan kebutuhan pekerja untuk lokal Balikpapan. Jika tidak terpenuhi, bisa diumumpkan ke tingkat provinsi, dan luar Kalimantan Timur.

“Ada komitmen memang, stressing ke Pertamina agar mereka mengumumkan dulu melalui Disnaker Kota, lalu Disnaker Provinsi. Kalau tidak ada (terpenuhi) baru diumumkan ke luar,” ungkapnya.

Dari data dan kebutuhan itu, Pemkot lalu melakukan pelatihan kompetensi bagi pekerja, yang akan bergabung dalam proyek itu. Seperti misalnya operator alat berat. Namun jumlah yang ikut dalam pelatihan sangat sedikit, jika dibandingkan peminat 50 orang.

“Itu kita latih dan kita sudah lakukan bersama  lembaga pelatihan kerja. Sedikit sih ada 16 orang. Kemudian welder juga 16 orang. Crane juga segitu karena kemampuan keuangan daerah kecil, masih kena pemangkasan dana perimbangan,” jelasnya.

Mereka yang mendaftar dalam program pelatihan ini, harus ber-KTP, Kartu Keluarga (KK) Balikpapan dan memiliki latar belakang pendidikan yang sama, sebelum mengikuti pelatihan atau kursus keahlian. “Yang daftar banyak ada 50 orang lalu kita seleksi ya dapat 16 orang,” demikian Aspiansyah. (din)

25 Ribu Orang Garap Proyek Kilang

Minggu, 23/07/2017

ILUSTRASI kilang PT Pertamina (Persero)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.