Kamis, 10/08/2017

Studi Kelayakan Pasar Induk di Dekat Pelabuhan Feri

Kamis, 10/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Studi Kelayakan Pasar Induk di Dekat Pelabuhan Feri

Kamis, 10/08/2017

BALIKPAPAN - Dinas Perdagangan Kota Balikpapan sedang menyusun studi kelayakan pembangunan pasar Induk, dekat pelabuhan Feri di Kariangau. Lokasinya berada di atas lahan 10 hektare, dekat kantor Kelurahan Kariangau. Namun demikian, belum diketahui pasti besaran anggaran untuk membiayai pembangunan pasar induk itu.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan M Saufan menerangkan, lokasi yang direncanakan itu, masuk posisi strategis. Rencananya, akan menggantikan pasar induk di kawasan KM 5,5 Jalan Projakal.

“FS (Feasibility Study) akan dilakukan tahun depan. Mudah-mudahan disetujui. Lokasi strategis yakni dekat dengan pelabuhan Feri dan dekat pelabuhan sembako somber dan lalulintas Km 13 masuk kesana,” kata Saufan.

Pasar Induk ini menjadi solusi mengatasi kepadatan pasar Pandansari. “Syukur-syukur juga kalau pasar Pandansari, pindah ke sana. Jadi di sini, dialihkan ke hal-hal lain seperti pendidikan atau rumah sakit,” ujarnya. 

Luasan lahan 10 hektar ini bukan milik pemerintah kota. “Kita akan bebaskan lahan itu kalau memang studinya layak. Baru kita beli tanah itu,” tandasnya. 

Mantan Dirut PDAM itu juga menambahkan, situasi di Pandansari baru dapat diurai, jika kondisi bongkar muat hasil sembako dipindah ke lokasi pasar induk. Selama ini Pasar Pandasari sudah seperti layaknya pasar Induk. Sehingga kesemrawutan sulit diurai. 

“Harus dipindah. Kalau tidak, sulit kita menata ini,” demikian Saufan. (din)

Studi Kelayakan Pasar Induk di Dekat Pelabuhan Feri

Kamis, 10/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.