Kamis, 31/08/2017

Perencanaan Infrastruktur Mesti Dikaji Ulang

Kamis, 31/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Perencanaan Infrastruktur Mesti Dikaji Ulang

Kamis, 31/08/2017

IKATAN Arsitek Indonesia (IAI) Cabang Balikpapan mendorong Pemkot mengkaji ulang perencanaan infrastruktur pembangunan kota, agar tertata lebih baik.

Kajian ulang itu dilakukan untuk mengubah pola pikir, bahwa Provinsi Kalimantan Timur tidak harus mengandalkan Sumber Daya Alam (SDA) lagi, yang menjadi sektor andalan. Namun, mulai berpikir bagaimana menggali potensi sektor lainnya yaitu seperti pariwisata dan sektor jasa lainnya.

Ketua Ikatan Arsitek Balikpapan Wahyullah Bandung berpendapat saat ini banyak infrastruktur yang tidak dibangun dengan perencanaan yang matang, sehingga menimbulkan bencana banjir dan kemacetan lalu lintas.

“Memang pertumbuhan penduduk juga meningkat tapi perencanaan infrastruktur pun harus sesuai perencanaan yang baik, agar bencana banjir itu tidak terjadi. Banjir di beberapa titik sudah terjadi, macet juga beberapa titik,” kata dia, seperti dikutip dari laman cendananews.com, Rabu (30/8).

Dia menerangkan, saatnya Pemkot harus beralih dan mengembangkan sektor pariwisata, untuk mendapatkan penghasilan. “Balikpapan dilanda defisit karena harga migas dan tambang batu bara anjlok. Kalau mau membangun, dana mau dapat dari mana,” tukas Wahyullah. 

Karena itu, pihaknya mendorong untuk melakukan review ulang perencanaan secara revolusioner, untuk mengubah pola pikir menggali sektor-sektor yang memiliki potensi pendapatan, tidak hanya dari SDA.

Menurutnya, saat ini sektor pariwisata berjalan dengan minim anggaran, sehingga tidak digali dengan maksimal. Bahkan pariwisata di Balikpapan juga kurang di dukung infrastruktur seperti bus pariwisata ke Mangrove Center.(cdn)


Perencanaan Infrastruktur Mesti Dikaji Ulang

Kamis, 31/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.