Selasa, 05/09/2017

Warga Termakan Kabar Hoax

Selasa, 05/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Warga Termakan Kabar Hoax

Selasa, 05/09/2017

BALIKPAPAN - Kabar bohong atau hoax yang berasal dari akun media sosial instagram salah satu komunitas di Balikpapan, kembali menyebar di tengah masyarakat. Akun tersebut mengunggah foto petugas kepolisian, mengamankan seseorang yang diduga mabuk akibat tembakau gorila.

Akun itu sendiri, memang menjadi salah satu sumber informasi masyarakat kota Beriman, untuk mengetahui informasi terkini misal kejadian, di kota Balikpapan.

Tertera pada akun itu, lokasi penangkapan, terjadi di kawasan Gunung IV Kelurahan Margo Mulyo, Balikpapan Barat, pada hari Minggu (3/9) lalu, sekira pukul 21.37 Wita.

Namun demikian, faktanya, petugas di lapangan, tengah mengamankan seorang warga, yang diduga mengalami gangguan kejiwaan, lantaran berpotensi membahayakan masyarakat di sekitarnya.

Kapolsek Balikpapan Barat Kompol I Putu Yasa menyayangkan unggahan akun itu, tanpa melakukan pengecekan informasi sebenarnya, di lokasi kejadian.

“Ngawur saja itu, kami memang benar mengamankan seseorang, di kawasan Margo Mulyo. Tapi bukan karena mabuk tembakau gorila, melainkan diduga orang yang mengalami ganggguan jiwa,” ungkapnya.

Setelah berhasil mengamankan warga itu, lanjut Putu, kemudian diserahkan ke Satpol PP Balikpapan. “Kami tidak temukan identitasnya. Yang bersangkutan dimintai keterangan saja tidak bisa. Yang jelas dia bukan warga Balikpapan Barat,” terangnya.

Imbas dari postingan hoax itu, lanjut Putu, masyarakat Balikpapan Barat menjadi resah, lantaran menganggap tembakau gorila sudah beredar. 

“Tentu warga menjadi resah di sini. Tembakau gorila belum pernah kita temukan dan beredar di sini. Petugas siang malam terus melakukan monitoring,” ungkapnya.

Dia meminta kepada masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial. Selain itu, setiap informasi apapun, kebenarannya harus dicek dan dipastikan lebih dulu. “Jangan langsung diterima kalau ada informasi. Cari tahu dulu kebenarannya jangan langsung posting,” tandasnya. (yud)

Warga Termakan Kabar Hoax

Selasa, 05/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.