Senin, 11/09/2017

Diduga Dibakar Warga Tak Waras

Senin, 11/09/2017

AIR laut ikut jadi sumber air untuk memadamkan kebakaran di Balikpapan Barat.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Diduga Dibakar Warga Tak Waras

Senin, 11/09/2017

logo

AIR laut ikut jadi sumber air untuk memadamkan kebakaran di Balikpapan Barat.

BALIKPAPAN - Warga Kampung Atas Air RT 15 di Balikpapan Barat, Minggu (10/9) pagi kemarin, dikejutkan dengan kobaran api di permukiman mereka, yang menghanguskan 2 rumah. Diduga, pemicunya sengaja dibakar AHM (35), salah seorang warga yang disinyalir memiliki ketergantungan mental.

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 07.20 Wita. Warga pun dibikin panik, dan bergegas menyelamatkan harta benda mereka. Bahkan, seorang warga berdagang pagi itu, harus meninggalkan barang dagangannya.

“Saya tinggalkan dagangan saya, setelah lihat asap hitam dekat rumah. Alhamdulillah cepat padam, rumah saya aman,” kata pedagang itu saat ditemui koran ini.

Petugas pemadam, dibantu warga dan relawan, bergerak cepat. Apalagi, kebakaran itu terjadi di permukiman padat di atas bibir laut, dan umumnya  terbuat dari kayu. Air laut pun ikut jadi sumber air untuk memadamkan api.

Api terus berkobar hebat. Warga sekitar yang tinggal di dekat Masjid An Nur, mengumandangkan adzan, berharap api bisa segera padam.

“Alhamdulillah bisa cepat padam. Ya, tadi spontan saja (mengumandangkan adzan). Kan masjid An Nur itu dekat lokasi kebakaran. Ternyata begitu azan selesai dikumandangkan, api mulai padam,” tutur Hendra (28).

Tidak kurang dari 8 unit mobil pemadam, diterjunkan ke lokasi. Baik itu dari Balakarcana, Satpol PP, PMI, Polri hingga TNI Kobaran api pun padam kurang 1 jam kemudian.

“Ada dua rumah yang hangus terbakar 100 persen dan 70 persen. Informasinya, pemilik rumah lagi ke samarinda. da 4 kk dan 19 KK yang terdampak. Sementara ditampung di rumah keluarga masing-masing,” ujar Kepala BPBD Balikpapan Suseno.

Suseno tidak menepis kabar, kobaran api sengaja dibakar seorang warga yang disinyalir berketerbelakangan mental. Namun demikian, untuk memastikan itu bukanlah wewenangnya.

“Kabarnya begitu. Tapi kita kan hanya memadamkan. Itu biar petugas kepolisian yang menyelidiki,” tandasnya.

Kapolsek Barat Kompol Putu Yasa ikut memantau proses pemadaman api. Menanggapi isu rumah dibakar oleh orang yang sakit jiwa, Putu tidak ingin terburu-buru menyumpulkan. “Belum, kita masih coba kita selidiki penyebabnya,” demikian Putu. (din)

Diduga Dibakar Warga Tak Waras

Senin, 11/09/2017

AIR laut ikut jadi sumber air untuk memadamkan kebakaran di Balikpapan Barat.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.