Jumat, 29/09/2017

Gali Kreativitas, Anak Berkarya Olah Limbah Pantai

Jumat, 29/09/2017

ANAK-anak di Rumah Seni Nirmana. (FOTO: DIN/KK)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Gali Kreativitas, Anak Berkarya Olah Limbah Pantai

Jumat, 29/09/2017

logo

ANAK-anak di Rumah Seni Nirmana. (FOTO: DIN/KK)

IDE kreatif bisa berasal darimana dan apa saja, termasuk dengan memanfaatkan limbah pantai. Sebagai kota pesisir di sisi timur Kalimantan, Balikpapan memiliki banyak potensi yang bernilai, tidak hanya dengan memanfaatkan pantai sebagai tujuan wisata, namun juga bisa mengembangkan industri kreatif melalui limbah pantai.

Melihat peluang itu, Rumah Seni Nirmana yang selama ini menjadi ruang pembelajaran bersama untuk berkesenian, kembali menantang sahabat kecil Balikpapan, untuk mengembangkan ide kreatif mereka dengan menggelar giat kreatif dengan tema “Berkarya Dengan Limbah Pantai”.

Aktivitas luar ruang yang diselenggarakan di area Pantai Banua Patra Balikpapan itu, sengaja disiapkan untuk membebaskan anak Balikpapan menuangkan kreativitas dengan memanfaatkan bahan yang ada. Pengalaman belajar dan bermain ini juga disisipkan pemahaman ringan, mengenai pentingnya keberlangsungan hidup ekosistem lainnya di sekitar pesisir pantai kota Balikpapan.

“Nirmana menggandeng teman-teman yang juga memilik satu misi, untuk perlahan memberikan gambaran bagaimana dampak lingkungan yang ditimbulkan, karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan pantai,” kata Koordinator Kegiatan, Rumah Seni Nirmana Balikpapan, Sophie Razak, kemarin.

Dia menjelaskan, kegiatan itu merupakan kali kedua yang dilakukan oleh Rumah Seni Nirmana Balikpapan. Sebelumnya, Rumah Seni Nirmana mengambil tema Merah Putih, untuk berkreasi menghias limbah botol air mineral untuk anak usia 4 – 6 tahun, di Taman Bermain Paud Khansa.

“Kali ini lebih seru, kegiatan akan dimulai dengan mendongeng tentang satwa endemik di Teluk Balikpapan. Setelah itu mereka akan kami ajak untuk ikut membersihkan pantai. Lalu hasil dari pengumpulan sampah itu, diolah menjadi karya yang akan mereka bawa pulang atau dipajang di sekitar Pantai Banua Patra Balikpapan,” jelasnya.

Sophie menambahkan, kegiatan dongeng kali ini, pihaknya berkolaborasi dengan Borneo Wildlife Education dan Conservation (BWEC), sementara di sekitar pantai juga akan digelar lapak buku dari komunitas Gemar Belajar (Gembel) Balikpapan.

Rumah Seni Nirmana adalah ruang pembelajaran bersama untuk berkesenian melalui pendidikan, lokakarya, ruang pamer, kolaborasi, diskusi publik, serta agenda  kreatiflainnya. (din)

Gali Kreativitas, Anak Berkarya Olah Limbah Pantai

Jumat, 29/09/2017

ANAK-anak di Rumah Seni Nirmana. (FOTO: DIN/KK)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.