Published On: Sel, Mei 21st, 2013

Bandara di Malinau Telan Rp6,6 Miliar

MALINAU—Tahun  ini,  Pemerin-tah Kabupaten Malinau melalui Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubkominfo) mengalokasikan anggaran Rp6,618 miliar lebih untuk mendanai proyek pembangunan bandara udara. Termasuk lapangan udara perintis di sejumlah desa dan kecamatan di wilayah perbatasan. Kepala Dishubkominfo Malinau, HM Pandi didampingi Kabid Perhubungan Udara, Wesly, Selasa (21/5) mengatakan,  proyek pembangunan tersebut mencakup  pekerjaan peningkatan mutu bandara (landasan), pembangunan fasilitas termasuk perencanaan dan pengawasan.
Seperti perkerasan dan pengaspalan  landasan bandara perintis (air strip) Long Lebusan dan bandara perintis Mahak Baru di Kecamatan Sungai Boh. Untuk Long Lebusan dialokasikan Rp1, 596 miliar lebih. Sedangkan Mahak Baru dialokasikan sebesar Rp1,819 miliar lebih.
“Di luar itu ada alokasi khusus untuk pekerjaan pengawasan dan perencanaan,” imbuhnya. Adapun total anggaran untuk proyek perencanaan dan pengawasan di kedua bandara tersebut Rp363 juta.
Wesly memaparkan, pembangunan ruang tunggu lapangan udara perintis Long Pujungan dan Long Alango di Kecamatan Pujungan dan Bahau Hulu dianggarkan sebesar Rp541, 555 juta ditambah anggaran untuk pengawasan dan perencanaan sebesar Rp175 juta.
Pekerjaan lainnya yang mendapat alokasi dana tahun ini, lanjut Wesly, ialah penyusunan studi pendahuluan rencana relokasi lapangan terbang perintis  Long Sule, Kecamatan Kayan Hilir dengan anggaran Rp166, 479 juta.
Selanjutnya, anggaran juga dialokasikan untuk pemeliharaan lapangan terbang Desa Apau Ping, Kecamatan Bahau Hulu sebesar Rp.433, 791 juta. “Lapter ini sudah lama ada. Tahun ini dilakukan perbaikan pada landasan dan pembangunan drainase,” terang Wesly.
Selebihnya, anggaran dialokasikan untuk pembangunan bandara perintis di Desa Long Pala Kecamatan Mentarang Hulu sebesar Rp314, 500 juta dan pembangunan serta pengawasan pembangunan bandara perintis Sungai Barang Kecamatan Kayan Selatan sebesar Rp983, 098 juta dan Rp75 juta.(wh)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web