Dipublish: 23 Mei 2013, 21:35

Bandara Tanjung Bara Dibuka untuk Umum

SANGATTA–Bandara Tanjung Bara milik PT Kaltim Prima Coal (KPC), kini dibuka untuk masya-rakat umum. Rute transportasi jalur udara dari Bandara Tanjung Bara KPC di Sangatta menuju Bandara Sepinggan, Balikpapan. Rencananya, jalur penerbangan perintis ini akan menggunakan pesawat jenis CASA.
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Kadishubkominfo) Kutim Johan-syah Ibrahim penerbangan perdana akan di mulai 4 Juni 2013 mendatang, warga Kutim dapat mulai menggunakan fasilitas tersebut. “Terkait hal itu, Pemkab Kutim, PT KPC selaku pemilik bandara Tanjung Bara, serta PT Kalstar penyedia jasa penerbangan duduk bersama Dishub Pemprov Kaltim untuk membahas soal memorandum of understanding (MoU) tentang penerbangan perintis ini. Penerbangan Perdana tetap sesuai rencana yakni 4 Juni mendatang,” katanya.
Kendati demikian, Johan, sapaan akrab Kadishub mengatakan ada beberapa poin kesepa-katan MoU yang masih akan diperbaiki. Karena ini menyangkut SOP (Standar operasional penerbangan). “Namun MoU itu belum final, ada beberapa poin yang harus diperbaiki,” ujarnya.
Sementara itu, Sekkab Kutim Ismunandar dalam perte-muan yang berlangsung di ruang Arau menya-takan, Surat Keputusan (SK) Bupati Kutim, dan SK Kementerian Perhubungan RI sudah terbit. Kedua SK itu berisi tentang dibukanya jalur transportasi udara dari Sangatta Balikpapan dengan memanfaatkan bandara Tanjung Bara. Namun soal teknis,  perlu dibicarakan lagi. Apalagi KPC siap  bekerja sama dalam mendukung kelancaran transportasi udara demi mempercepat mobilisasi penduduk dalam memajukan perekonomian masyarakat di daerah ini.”Untuk Muara Wahau akan menggunakan bandara perintis milik perusahaan di wilayah itu,” katanya.
Untuk diketahui, berdasarkan SKEP Dirjen Kemenhub  RI No. Kp 411/2012 tanggal 8 November 2012 tentang rute Sangatta Balikpapan, dan rute Samarinda Muara Wahau sesuai kontrak 0485/AU.001/TMD/2013 tanggal 12 April 2013, dan Aviastar DRG-6  18 seat dan 14 pax. Untuk penerbangan Sangatta Balikpapan akan dilakukan 2 kali sepekan atau 84 kali setahun, dan Samarinda Muara Wahau 1 kali sepekan, atau 42 kali setahun.
Sedangkan untuk tarif pener-bangan dari Sangatta-Balikpapan Rp295.400 per seat untuk orang dewasa dari Temindung Samarinda-Muara Wahau tarifnya Rp275.600 per orang dewasa. Sementara anak dibawah 10 tahun tarifnya 50 persen kurang dari tarif orang dewasa.
Sementara untuk jadwal penerbangan dari Balikpapan ke Sangatta, akan dilakukan setiap Selasa pukul 11.00 Wita, dan Jumat pukul 11.50 Wita menumpangi CASA MV 7840. Untuk jadwal penerbangan dari Sangatta ke Balikpapan, pada Selasa pukul 12.30 Wita, dan Jumat pukul 13.00 Wita. Selanjutnya, dari Samarinda ke Muara Wahau MV 7841, setiap Rabu pukul 13.05 Wita, dan dari bandara Muara Wahau ke Temindung Samarinda pukul 14.05 Wita. (nsr)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger