Home >> Bontang - Kutim >> Bangun Gudang Rumput Laut di PPI Kenyamukan

Bangun Gudang Rumput Laut di PPI Kenyamukan

SANGATTA – Tahun 2017 mendatang, berbagai program kerja telah disiapakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kutai Timur. Salah satu program yang tengah disusun adalah rencana membangun gudang rumput laut di Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Kenyamukan.
“Pembangunan gudang rumput laut ini diharapkan mampu menampung rumput laut hasil budidaya petani rumput laut, seiring program budidaya rumput laut yang sedang disusun Pemkab Kutim bekerjasama dengan investor Jepang,” kata Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kutim, Paulina, belum lama ini.
Tidak hanya itu, DKP juga akan melakukan penambahan panjang jembatan kapal nelayan di PPI Kenyamukan, Sangatta, pada tahun 2017 mendatang.
“Penyusunan program kerja tersebut, dalam rangka menunjang kegiatan perikanan laut khususnya penambahan fasilitas kelengkapan di Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Kenyamukan, Sangatta,” tuturnya.
Diterangkan Paulina, saat ini kondisi jembatan tambat yang sudah ada, kurang representatif dan kurang memanjang ke arah laut. Sehingga, saat kondisi air laut sedang surut, maka kapal-kapal nelayan tidak bisa merapat ke PPI karena dangkal dan kapal pun menjadi kandas.
“Untuk itu, kita sudah mengajukan rencana penambahan panjang jembatan tambat ini yang usulan pengerjaannya telah diajukan kepada Kementerian Kelautan. Pendanaannya diharapkan dialokasikan melalui APBN, tahun depan,” harapnya.
Dengan adanya kedua program itu, Paulina berharap program kerja Dinas Kelautan dan Perikanan Kutim ini bisa direalisasikan pada tahun depan. “Hal ini semata demi peningkatan mutu dan layanan pemerintah terhadap usaha dan pengembangan perikanan laut di Kutim,” sebutnya. (sab)