Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> Bangun Jalan Alternatif hingga Dirikan Sekolah Sepak Bola
TERUS BERKARYA: Sekdes Batuah Bun Yamin (kiri) menyerahkan plakat kepada Abdul Rasyid sebagai Kadus Berprestasi. 
TERUS BERKARYA: Sekdes Batuah Bun Yamin (kiri) menyerahkan plakat kepada Abdul Rasyid sebagai Kadus Berprestasi. 

Bangun Jalan Alternatif hingga Dirikan Sekolah Sepak Bola

Di Balik Suksesnya Abdul Rasyid Raih Predikat Kadus Berprestasi

SESEORANG akan dinilai dari karyanya. Begitulah pandangan sosok Abdul Rasyid, ST, Kepala Dusun Karya Makmur, yang baru dinobatkan sebagai Kepala Dusun (Kadus) Berprestasi oleh Kepala Desa Batuah yang berikan bertepatan di Hari Ulang Tahun Desa Ke-17 pada 14 November 2016 lalu.
Saat bertemu, sosok Abdul Rasyid memang terlihat biasa-biasa saja, namun di balik semua itu ternyata memiliki sederet terobosan yang membuat tim penilai dari Desa Batuah memberikan penghargaan sebagai Kadus Berprestasi mengungguli sembilan kadus lainnya.
“Sebenarnya apa yang saya lakukan itu sederhana, tapi kami melakukannya dengan konsisten. Kalau sekedar konsep tanpa eksekusi yang yang berkelanjutan semua orang pasti bisa,” katanya saat ditemui usai menerima penghargaan.
Program kerja yang dijalankan, misalnya mengaktifkan ronda, menggalakkan kembali gotong royong setiap Jumat sore, pengajian khusus laki-laki setiap malam minggu dan pengajian perempuan setiap Jumat sore.
Sedangkan sisi pembinaan sumber daya manusia (SDM) telah mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB) Pratama Batuah yang di-launching pada puncak hari jadi Desa Batuah ke-17. Selain itu, terobosan lainnya adalah membangun jalan alternatif di dusunnya, dari RT 31 ke RT 32.
“Sebagian program tersebut memang sudah berjalan dari kadus sebelumnya, namun ada juga terobosan baru yang tujuannya untuk pembinaan terutama di usia dini,” tambahnya sembari mengatakan ke depan akan ada terobosan lagi.
Lebih lanjut, alumni DDI Karya Baru ini menyebutkan sejak dilantik 20 Desember 2015 lalu, dirinya langsung bergerak cepat menyusun beberapa program yang dinilai akan memberikan dampak terhadap warga sekitar.
Semua program itu disusun berdasarkan apa yang ditemukan saat melakukan kunjungan dan survei. “Semua dilakukan menggunakan metode pendataan sehingga program dijamin tepat sasaran. Contohnya, jalan alternatif, manfaatnya bisa meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas karena tidak lagi lewat jalan poros,” beber mantan wartawan ini.
Menurutnya, penghargaan ini jadi penyemangat untuk terus membuat terobosan-terobosan yang bermafaat bagi warga Batuah, khususnya Dusun Karya Makmur.
Dikatakan, beberapa program jangka panjang juga sudah direncanakan yang nanti akan diusulkan saat musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes). “Target utama ke depan membuat jalan alternatif antar RT dan antar dusun. Semua sudah diusulkan bahkan sudah ada yang mulai dilaksanakan. Adanya jalan alternati pasti akan menggerakkan ekonomi kerakyatan,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Desa Batuah Johansyah SE, MSi mengatakan, pemberian penghargaan merupakan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu. Selain kepala dusun juga diberikan kepada RT dan staf desa.
“Kami ingin penghargaan ini menjadi semangat bagi yang lain agar melakukan terobosan dalam membangun wilayahnya,” ujarnya.
Johansyah menambahkan, beberapa sisi yang dinilai untuk memilih yang berprestasi, di antaranya keaktifan dalam kegiatan desa, sistem administrasi, dan terobosan yang bermanfaat bagi warga. Jadi, penghargaan ini sudah melalui mekanisme penilaian yang profesional.
“Kalau semangatnya sama kami yakin Batuah akan semakin maju dan pastinya bisa mewujudkan cita-cita menjadi desa mandiri,” tandasnya. (ami/adv)